Beberapa Metode Latihan Diri Taoist Populer :
“Xin-Zhai” 心斋 : ” Xin” 心 berarti hati atau jiwa. ” Zhai” 斋 berarti murni bersih. Metode dari latihan diri ini mencapai kemurnian dan keheningan batin. Dalam kitab “Zhuang-Zi” 庄子 mengatakan bahwa ” Tao bukan apa-apa namun merupakan kumpulan dari Xu(kekosongan dan kehampaan 虚 ), Xu 虚 adalah Xin-Zhai” 心斋 . Maknanya adalah kondisi batin yang tidak tercemar.
“Zuo-Wang” 坐忘 : secara harafiah berarti duduk hening dan melupakan tubuh. Hal ini menjadi pokok yang fundamental dalam meditasi Taoist dan ini membutuhkan seseorang untuk melupakan atau melepaskan perasaan tentang tubuh seseorang. Dalam kitab ” Zhuang-Zi” 庄子 mengatakan bahwa ” Membuang tubuh, meninggalkan akal, terlepas dari yang terukur dan melangsir kesadaran, orang bergabung dalam kesatuan agung, ini disebut Zuo-Wang”. Arti lainnya adalah melepaskan kemelekatan terhadap tubuh atau juga mencegah unsur-unsur PO menguasai tubuh.
“Yuan-Du” 缘督 : Suatu metode perputaran energi dalam ” Du” 督 garis meridian. Dalam sastra Taoist ” Zhuang-Zi” 庄子 mengatakan bahwa ” Ikutilah jejak Du 督 , seseorang dapat melindungi badan, hidup dalam hidup yang lebih, mendukung seseorang mencintai seseorang, dan memenuhi jangka hidup seseorang”.
“Dao-Yin” 导引 : merupakan suatu metode dari tujuan latihan diri dalam mengontrol energi seseorang dengan badan secara spesifik. Dalam kitab “Zhuang-Zi” 庄子 mengatakan bahwa ” Menggerakkan badan seperti seekor beruang dan meregangkannya seperti seekor burung, seseorang dapat mencapai umur panjang, ini adalah cara Dao-Yin” 导 引 . Pada masa jaman era 3 negara ( Samkok ) , tabib Hua Tuo mengajarkan gerakan 5 binatang, masuk dalam kategori Dao Yin.
“Tu-Na” 吐纳 : ” Tu-Na” berarti latihan pernafasan. Menghirup udara bersih membuang udara kotor.
“Ting-Qi” 听气 atau Ting Xi 听息 : adalah metode ” mendengarkan” dan dengan yang internal ” Qi” 气 , seperti yang diuraikan dalam kitab ” Zhuang-Zi” 庄子 : ” Jangan mendengarkan dengan telinga tetapi dengan batin, tidak mendengarkan dengan batin tetapi dengan Qi” 气
.
“Zhong-Xi” 踵息 : Secara harafiah berarti bernafas kaki. Ini merupakan suatu cara pernafasan dalam. Dalam sastra Taoist ” Zhuang-Zi” 庄子 mengatakan bahwa ” manusia sejati ‘ bernafas’ hingga kaki mereka, dan mengatur nafas dengan kerongkongan mereka”. Mungkin banyak yang tertawa membaca ini, tapi arti maksud dari Zhuang Zi adalah menyalurkan seluruh oksigen hingga ke ujung kaki, dengan demikian tidak ada bagian tubuh yang tidak tersuplai oksigen.
“Shou Jing” 守静 : Suatu metode latihan diri yang bertujuan untuk menarik pikiran dari keadaan aktif dan tinggal di dalam ketenangan. Kitab ” Tai Ping Jing” 太平经 mengatakan bahwa ” Jalan menemukan Dao berakar pada ketenangan dari dalam”.
“Cun-Xiang” 存想 : Secara harafiah berarti untuk membebaskan atau untuk menyimpan proses berpikir. Kadang-Kadang juga disebut ” Cun-Shen’存神 atau menyimpan pikiran. Ini merupakan suatu metode yang menuntut seseorang untuk menyimpan pikiran dari pengembaraan luar. Kitab Tao ” Yin Tian Zi” 天隐子 mengatakan bahwa ” Cun 存 berarti selalu menyimpan pikiran ku, Xiang想 berarti meletakkan perhatian atas badan ku”. Atau secara sederhana memfokuskan kepada satu titik misalnya pucuk hidung.
“Shou-Yi” 守 一: merupakan suatu metode yang memerlukan seseorang untuk terus memperhatikan hanya pada satu hal. Dalam kitab ” Zhuang-Zi” 庄子 mengatakan ” Keesaan, dalam rangka tinggal dalam keselarasan”.
“Pi-Gu” 辟谷 : ” Pi-Gu” 辟谷 berarti ” puasa”. Ada sedikitnya ada lima macam puasa. ( 1) Orang-Orang yang berpantang makan lima macam padi-padian, seperti beras, gandum, jagung. ( 2) Pantang makan semua yang telah dimasak. ( 3) Pantang makanan berminyak atau mengandung garam. ( 4) Pantang makan ( puasa ). ( 5) Untuk mengkonsumsi hanya tumbuh-tumbuhan herbal sebagai pengganti makanan.
“Fu-Shi” 服食 : adalah memakan tumbuh-tumbuhan herbal tertentu atau obat pil eksternal. Dalam kitab Fuqi JingYi Lun 服气精义论”Tanaman herbal dapat menggantikan biji-bijian, membuat qi mengalir ke seluurh organ tubuh”.
“Fang-Zhong” 房中 : Fangzhong Shu adalah membicarakan pantangan, cara bersetubuh, menjaga kesehatan, mengusir penyakit juga metode higienis dalam melakukan hubungan badan. Merupakan metode dari pernggabungan energi pria dan wanita, hal ini merupakan suatu cara bersama dengan beberapa pantangan, menggunakan energi yang mungkin berkembang antara kedua-duanya pria dan wanita untuk menjangkau tujuan yakni kesehatan yang dan umur panjang. Menurut sebagian dari tulisan Taoist jaman kuno, fokus dari pendekatan ini adalah memelihara kendali energi dan memelihara otak seseorang dengan itu. Karena hal ini berhubungan dengan hubungan seksual, hal ini sering disalah pahami dan disalahgunakan, oleh karenanya dilarang oleh agama Tao secara umum, hanya beberapa yang diajarkan tentang teknik ini. Misalnya teknik tigang yang digunakan untuk menarik sperma dan menaruhnya di titik da cui atau juga menghentikan menstruasi dan menyimpannya atau membekukan sel telur dan sperma pada pria.
“Xing-Qi” 行气 : Suatu metode penyaluran energy seseorang melalui garis meridian, Hal ini memerlukan seseorang menghisap udara lebih dibanding menghembuskan udara. Juga memerlukan proses pernafasan yang sulit dan diharapkan tidak terlalu kentara ketika seseorang sedang melaksanakannya “
“Tai-Xi” 胎息 : Secara harafiah berarti pernafasan janin. Tai-Xi adalah suatu metode untuk menjangkau cara dalam bernafas sama halnya yang dilakukan sebuah janin. Dalam pandangan Taoisme, janin bernafas menggunakan pusar sebagai ganti mulut dan hidung Tingkat lebih tinggi lagi adalah bernafas dengan seluruh tubuhnya. Secara teknik dapat dikatakan bahwa mengoptimalkan kulit untuk bernafas.
“Wai-Dan” 外丹 : Secara harafiah berarti pil eksternal.
Kadang-kadang disebut ilmu kimia eksternal abad pertengahan. ” Wai-Dan” 外丹 menggunakan tumbuh-tumbuhan herbal dan mineral sebagai ramuan. Tujuan “Wai-Dan” 外丹 adalah untuk menghasilkan pil umur panjang.
“Xiu-Lian” 修炼 : arti dari namanya adalah menyempurnakan fisik seseorang dan rohaninya. Kata fisik adalah ” Ming” 命 ; yang berarti badan seseorang. Kata untuk batin dan semangat pikiran seseorang adalah ” Xing” 性 , yang menyiratkan status mental dari suatu individu. Cara ” Xiu-Lian” 修炼 adalah menjangkau, melalui metode tertentu dari latihan pribadi, tahap pengendalian diri total dari keduanya, rohani dan fisik, berarti kendali total terhadap hidup. Semboyannya adalah “Ming” ( Cat: takdir atau kehidupan )ku ditanganku bukan di “Langit”.命在我不在天
“Nei-Dan” 内丹 : Secara harafiah berarti pil internal. Ini juga disebut ilmu kimia internal abad pertengahan. ” Nei-Dan” 内丹 atau ilmu kimia internal abad pertengahan mendominasi cara latihan pribadi Taoist sejak Dinasti Sui dan Tang 隋朝 唐朝 sekitar 1400 tahun yang lalu. Wujud Nei-Dan” 内丹 memiliki dasar banyak teori Taoism dan latihan pribadi sebelum itu dan penggabungannya, seperti, pengobatan Taoisme, teori garis meridian dan organ tubuh, meditasi 静功, “
Pi-Gu” 辟谷 dan lain lain; Cara Nei-Dan” 内丹 memberikan pengaruh besar atas pengembangan teori Taoist dan latihan pribadi. Cara Nei Dan ini disebut juga ” Xing-Ming-Shuang-Xiu” 性命双修, atau dengan kata lain, ” latihan batin dan pikiran untuk mengolah batin dan mental, latian fisik untuk mengolah pil, dilakukan bersama badan dan pikiran”. Dan hanya dengan pengembangan yang harmonis dan serempak antara keduanya, batin pikiran serta fisik tubuh, maka dapat mencapai tingkat tertinggi.
Pendekatan Taoisme “Nei-Dan” sering membandingkan fisik seseorang sebagai bejana/tungku besar. Hal ini juga berkaitan garis meridian, yang menghubungkan poin-poin akupunktur, sebagai saluran dimana seseorang dapat menyampaikan energi mungkin berkembang dari badan ke dalam ” Tungku besar” 炉鼎. .
Dengan energi yang berkembang di dalam ” Tungku besar” 炉鼎. seseorang kemudian dapat membuat “Bayi Suci” atau ” Obat Emas” 金丹.