REFERENSI :
Boulding, Kenneth E. Beyond Economics. Ann Arbor: University of Michigan Press, 1968.
Braudel, Fernand. The Wheels of Commerce. Trans. by Sian Reynolds. New York: Harper and Row, 1982.
Brown, Norman O. Life Against Death: The Psychoanalytic Meaning of History. New York: Vintage, 1961.
Daly, Herman E., and Cobb, Jr., John B. For the Common Good. 2nd edition, Boston: Beacon Press, 1994.
Dobell, A. Rodney. “Environmental Degradation and the Religion of the Market.” In Population, Consumption, and the Environment, [pages]. Ed. by Harold Coward. Albany: State University of New York Press, 1995.
Dominguez, Joe, and Robin, Vicki. Your Money Or Your Life. Harmonsworth: Penguin, 1993.
Durning, Alan. How Much is Enough. New York: Norton, 1992.
Eisenstadt, S.N., ed. The Protestant Ethic and Modernization: A Comparative View. New York: Basic Books, 1968.
Jeffrey, Meg. “Consumerism in the Monastery.” Turning Wheel Summer 1995: 11-13.
Korten, David. When Corporations Rule the World. West Hartford, CT: Kumarian Press, 1995.
Loy, David. Lack and Transcendence: The Problem of Death and Life in Psychotherapy, Existentialism, and Buddhism. Atlantic-Highlands, NJ: Humanities Press, 1996.
Miller, Daniel. “Consumption as the Vanguard of History” in Acknowledging Consumption: A Review of New Studies, 1-57. London: Routledge, 1995.
Polanyi, Karl. The Great Transformation. Boston: Beacon, 1957.
Rao, Mohan. “An Imagined Reality: Malthusianism, Neo-Malthusiasnism and Population Myth.” In Economic and Political Weekly January 29, 1994: 40-52.
Sale, Kirkpatrick. Rebels Against the Future: the Luddites and Their War on the Industrial Revolution. Reading, Massachusetts: Addison-Wellesley, 1995.
Scaff, Lawrence. Fleeing the Iron Cage: Culture, Politics, and Modernity in the Thought of Max Weber. Berkeley: University of California Press, 1989.
Tawney, R.H. Religion and the Rise of Capitalism. New York: Harcourt, Brace, 1926.
CATATAN KAKI
[1] Esei ini banyak berhutang pada Daly dan Cobb (1994) yang menyajikan kritik terhadap teori ekonomi modern secara mendetil dan menunjukkan bagaimana berbagai persoalan lingkungan dan sosial kita bisa diatasi jika kita memiliki kemauan untuk melakukannya.
[2] Ini secara tidak langsung menyatakan bahwa alternatif terhadap agama pasar tidaklah mensyaratkan eliminasi pasar (dan kegagalan sosialisme abad ke 20 menunjukkan bahwa pasar tidak harus dilenyapkan), melainkan mengembalikan kekuatan-kekuatan pasar ke tempat yang tepat, tempat mereka yang terbatas dalam hubungan-hubungan sosial komunitas.
[3] Saya tidak berada dalam posisi untuk mengevaluasi perdebatan cendikia yang telah diprovokasi tesis Weber; untuk suatu ringkasan awal yang umum, lihat Eisenstadt (1968), terutama hal. 67-86.
[4] Karena setiap Tuhan butuh Setan dan setiap agama perlu teori tentang kejahatan, para anggota agama pasar menemukan kejahatan di dalam hal yang mengancam surplus seseorang yang terus bertambah: khususnya pajak, inflasi, dan regulasi pemerintah, seperti penghalang perdagangan (trade barriers).
[5] “Ilmu ekonomi paling tidak meluncur keluar setengah matang dari kepala Adam Smith yang mungkin sangat tepat dianggap sebagai pendiri ilmu ekonomi yang merupakan dunia wacana abstrak yang menyatu dan ilmu ekonomi masih, hampir tanpa mengetahuinya, bernafaskan udara rasionalisme dan Deisme abad ke 18” (Boulding:187)
[6] Untuk kritik Malthusianisme yang jernih dan menentukan, lihat Rao:1994
[7] Kedermawanan (sansekerta, dana) merupakan paramita (kebajikan transendental) pertama Mahayana dan yang terpenting karena kedermawanan secara tidak langsung menyatakan paramita-paramita lainnya.
[8] Ini didiskusikan lebih lanjut di Loy:1996.
Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua 7867
Pihak yang ingin mempublikasi ulang tulisan dalam web ini diharapkan untuk menyertakan link aktif : www.budaya-tionghoa.net , NAMA PENULIS dan LINK aktif yang berada didalam tulisan atau membaca lebih jauh tentang syarat dan kondisi . Mempublikasi ulang tanpa menyertakan tautan internal didalamnya termasuk tautan luar , tautan dalam , catatan kaki , referensi , video , picture , sama dengan mengurangi konten dalam tulisan ini.