Bagian Empat: Kitab-kitab dan Kuil Taoist
Pada masa Dinasti Tang 唐代 Taoisme menjadi agama resmi dari negara, agama dari Kaisar dan seluruh keluarganya. Selama periode ini kitab Taoisme untuk pertama kali dalam sejarah secara resmi dikumpulkan dalam skala besar. Lebih dari 7300 jilid buku Taoist tercakup di koleksi tersebut “Yu Wei Jin Mu” 玉纬经目 digabungkan oleh Taoist Yin Wen Cao 尹文操. Dalam koleksi “Dao Zang” 道藏 tidak hanya buku tentang Taoisme dimasukkan, tetapi juga buku agama lain secara umum, budaya populer, filosofi, pertanian, ilmu pengetahuan, kedokteran dan lain-lain.
Menurut “Han Shu” 汉书 sejarah resmi dinasti Han, koleksi “Bao Pu Zi” 抱朴子 yang digabungkan sebelum masa dinasti Han telah berisi lebih dari 1200 jilid buku Taoist. “San Dong Qiong Gang” 三洞琼纲 , suatu koleksi yang digabungkan dari pesanan langsung Kaisar Tang Xuan Zong 唐玄宗 dari Dinasti Tang mempunyai 3744 jilid. Kemudiannya koleksi lain disebut “Yu Wei Bie Ming” 玉纬别目 mempunyai 2000 jilid. “Kombinasi San Dong Qiong Gang” 三洞琼纲 dan “Yu Wei Bie Ming” 玉纬别目 disebut “Kai Yuan Dao Zang”, ini menjadi “Dao Zang 道藏 pertama (Ensiklopedia Taoist)” dalam sejarah Tiongkok. Berikut adalah daftar sebagian dari koleksi utama buku-buku Taoist:
§ “Bao Pu Zi” 抱朴子 : 1200 jilid, digabungkan oleh Ge Hong, Dinasti Jin.
§ “Yu Wei Jin Mu” 玉纬经目 : 7300 jilid, digabungkan oleh Yin Wen Cao, Dinasti Tang.
§ “San Dong Qiong Gang” 三洞琼纲 : 3744 jilid, digabungkan oleh Kaisar Tang Xuan Zong 唐玄宗.
§ “Yu Wei Bie Ming” 玉纬别目 : 2000 jilid.
§ “Kai Yuan Dao Zang” 开元道藏
§ “Da Song Tain Gong Bao Zang” 大宋天宫宝藏 : 4565 jilid, -digabungkan oleh Zhang Jun Fang, Dinasti Song.
§ “Yun Ji Qi Qian” 云笈七签 : Dinasti Song.
§ “Xuan Du Bao Zang” 玄都宝藏 : 7800 jilid, Dinasti Yuan.
§ “Zheng Tong Dao Zang” 正统道藏 : 5305 jilid, Dinasti Ming.
§ “Wan Li Xu Dao Zang” 万历续道藏 : 180 jilid, Dinasti Ming.
Banyak dari buku-buku koleksi tersebut di atas yang hilang dalam sejarah, hanya “Zheng Tong Dao Zang” 正统道藏 dan “Wan Li Xu Dao Zang” 万历续道藏 masih dapat kita nikmati sampai hari ini. Berbagai ensiklopedia Taoist tidak hanya mencakup suatu angka-angka besar dari buku-buku berharga, mereka juga menciptakan suatu sistem taksonomi yang unik dari mereka sendiri. Sebagai contoh, dalam “Zheng Tong Dao Zang” 正统道藏 buku disortir ke dalam 3 kategori utama, 12 sub-kategori, dan 4 kategori tambahan. Di sini adalah sebagian dari bidang yang tadinya tercakup dalam koleksi ini, filosofi, etika, kedokteran, ilmu kimia abad pertengahan, kesehatan, Yi Jing (I Ching), aesthetik, ilmu perbintangan, geologi, musik, matematika, kecantikan, arsitek, seni rupa, penanggalan, dekorasi, pertunjukan, biologi, kultur populer, wisata, astrologi, sosiologi, keabadian, metalurgi dan lain lain.
Setelah penyelesaian “Dao Zang” 道藏, masih ada beberapa ensiklopedia Taoisme yang kecil yang digabungkan. Meski demikian ada banyak buku belum tercakup dikoleksi manapun. Walaupun terdapat jumlah yang sangat besar tentang sastra, koleksi Tao ini hanya mencakup porsi yang sangat kecil tentang basic sehari-hari. Para pendeta Taoists secara teratur akan membaca dan menceriterakan “Yu Huang Jing” (Kitab tentang Kaisar Jade 玉皇经), “Qing Jing Jing” (Kitab tentang Kedamaian dan Ketenangan 清静经), “San Guan Jing” (Kitab tentang Tiga Pejabat 三官经) dan “Bei Dou Jing” (Kitab tentang Bintang Biduk utara 北斗经); dan para pendeta dengan latar belakang pendidikan yang lebih tinggi (cat: jaman dahulu tidak semua orang bisa dan sempat belajar di shuyuan 书院, kondisi jaman sudah berbeda, sekarang sudah banyak orang yang bisa membaca Dao De Jing dan ditulis dengan bahasa yang mudah) boleh merenungi dan mempelajari “Dao De Jing” (Tao Te Ching 道德经), “Nan Hua Jing” (Buku Nan Hua oleh Zhuang Zi 南华经), “Huang Ting Jing” 黄庭经 , “Wu Zhen Pian” 悟真篇, “Zuo Wang Lun” 坐忘论 dan “Can Tong Qi” 参同契 dan lainnya.
Kuil Taoisme sering disebut “Gong (Istana 宫)”, “Dao Yuan (Kebun 道院)” atau “Dao Guan” 道观. Misalnya Tai Qing Gong 太清宫, Bai Yun Guan 白云观, Zhong Yue Miao 中岳庙, Bao Pu Daoyuan 抱朴道院 adalah kuil untuk ritual penghormatan, dan untuk tinggal bagi Taoists dan mempraktekkan Tao. “Gong Guan” 宫观 adalah nama yang umum untuk suatu kuil, kuil lebih kecil biasanya disebut “An Tang (Tempat suci dan Aula 庵堂)” atau “Dong” (Gua 洞).
Mula-mula hanya merupakan tempat kediaman dari Kaisar disebut “Gong” 宫, dan dinding suatu kota yang di atasnya orang bisa melihat jauh sekali disebut “Guan” 观. Muncul dari rasa hormat, tempat untuk penghormatan, untuk menyambut para dewa-dewa juga disebut “Gong” 宫 dan “Guan” 观. Pada awal Taoisme, tempat ibadahnya ada yang disebut jingzhi 靖治 dan jingshi 静室. Dinasti Utara dan Selatan ada yang disebut Xian Guan 仙馆. Pada masa dinasti utara sebutan guan 馆 diganti dengan guan 观.
Penggunaan kata “Gong” 宫 untuk kuil Taoist yang pertama dimulai pada masa Dinasti Tang, hal ini disebabkan karena tempat ibadat untuk Lao Zi ada rupang lima kaisar pertama dinasti Tang.
Di sini adalah daftar sebagian dari “Gong” yang dikenal baik dan kuil-kuil sekarang: Bai Yun Guan di Beijing 北京白云观, Dong Yue Miao 东岳庙 di Gunung Tai Shan, Shang Qing Gong di Gunung Long Hu provinsi Jiang Xi 江西龙虎山上清宫, Tai He Gong 太和宫 di provinsi Hu Bei, San Yuan Gong 三元宫 di Guang Zhou dan masih banyak lagi. Kebanyakan kuil ini dibangun dalam Taoist gaya arsitek tradisional.
Suatu kuil Taoisme Quan Zhen biasanya terdiri dari beberapa kelompok bangunan. Kelompok utama adalah San Qing Dian (Aula pemujaan untuk Tritunggal-Tiga Yang Murni 三清殿), Yu Huang Dian (Aula pemujaan untuk Kaisar Jade 玉皇殿), Lu Zhu Dain (Aula pemujaan untuk Guru Abadi Lu Dong Bin 吕祖殿), Ling Guan Dian (Aula Pemujaan untuk Pengawal Taoisme Wang Ling Guan 灵官殿), dan Shan Men (bangunan pintu gerbang 山门).
San Qing Dian 三清殿 adalah aula pemujaan yang paling utama dalam semua kuil Taoist. Di dalam San Qing Dian terdapat patung Yu Qing, Shang Qing dan Tai Qin. Yu Qing, juga mengenal sebagai “Yuan Shi Tian Zun” 元始天尊, memegang suatu bola Wuji 无极 yang menandakan status asli yang tidak dibedakan dari semua, Hari Raya Yu Qing jatuh pada Musim dingin ketika titik balik matahari atau Dong Zhi; yang memiliki makna bahwa titik Yang naik dan Yin puncak mulai menurun. Posisi dimana belum terpisahnya Yin dan Yang.
Shang Qing, juga dikenal sebagai “Ling Bao Tian Zun” 灵宝天尊, memegang lambang Taiji yang menyiratkan permulaan dari semua ciptaan, Hari Raya Shang Qing jatuh pada Musim panas ketika titik balik matahari, yang sering disebut Xia Zhi; yang memiliki makna Yin naik dan Yang puncak mulai menurun. Posisi dimana Yin dan Yang sudah terpisah tapi belum adanya kehidupan.
Tai Qing, juga dikenal sebagai “Dao De Tian Zun” 道德天尊, adalah memegang sebuah kipas Taiji dan Hari Raya Tai Qing jatuh pada hari ke 15 untuk bulan ke 2 rotasi bulan pada bumi dalam penanggalan lunar China. Yang melambangkan musim Semi dan kehidupan sudah berjalan.
Patung Kaisar Jade 玉皇上帝 berada di pusat Yu Huang Dian 玉皇殿. Kaisar Jade menjadi penguasa dalam Surga. Ia akan berkeliling alam semesta setiap tahun untuk menguji kebaikan dan perilaku tidak baik dari semua orang dan mengirim hukuman atau penghargaan yang sesuai. Tanggal 9 bulan 1 menjadi hari raya Kaisar Jade, pada hari ini kuil Taoist akan mengorganisir perayaan besar dan melaksanakan ritual agama untuk kepentingan memohon berkat, damai, dan kemakmuran dari Kaisar Jade.
Ling Guan Dian 灵官殿 adalah tempat pemujaan untuk Pengawal Ajaran Taoisme 护法神, Wang Ling Guan. Wang Ling Guan biasanya dilukiskan sebagai figur dengan muka merah, tiga mata, dengan senjata baja di tangan nya. Ling Guan Dian 灵官殿 sering menjadi gerbang suatu kuil juga.
Gaya manajemen atau organisatoris dari kuil secara umum ada dua kategori, “Zi Sun Miao” 子孙庙 atau “Shi Fang Cong Lin” 十方丛林. “Zi Sun Miao” 子孙庙 adalah kuil yang dimiliki oleh kepala pendeta sebagai kekayaan pribadi. Kuil-kuil tersebut dapat dialihkan kepada para muridnya yang dipilih oleh pemiliknya. “Zi Sun Miao” 子孙庙 diijinkan untuk menerima murid tetapi tidak diijinkan untuk mengadakan “Inisiasi Upacara” 传戒 yang menandai kemajuan ranking seorang pendeta Taoist. “Shi Fang Cong Lin” adalah kuil yang dimiliki secara kolektif dan diatur oleh pendeta setempat. Posisi puncak manajemennya diisi melalui pemilihan. Murid Taoisme berhak tinggal di situ dengan melalui proses pengecekan dan ujian untuk menghindari mereka yang pemalas, tidak berbudi baik dan yang ingin membuat onar tinggal disana.Organisasi dari “Shi Fang Cong Lin” 十方丛林 lebih kepada suatu organisasi modern, dengan banyak departemen yang dipimpin oleh Fang Zhang 方丈 (seperti presiden komisaris), dan Jian Yuan 监院 (seperti presiden direktur). “Shi Fang Cong Lin” 十方丛林 diijinkan untuk menawarkan “Upacara Pentahbisan” 传戒 tetapi tidak mengijinkan untuk menerima murid.