Bagian enam: Aliran dan sekte Taoisme
Aliran dan sekte Taoisme yang terkotak-kotak mulai nampak pertama kali pada masa dinasti Song, bisa juga pada masa sebelumnya. Pada masa Peperangan antar Negara memang sudah ada Fang Xian Dao 方仙道 yang baru, merupakan metode atau ilmu untuk panjang umur dan mencapai keabadian, jadi belum dapat disebut sebagai agama Tao karena itu tidak termasuk aliran atau sekte Taoisme. Selanjutnya yang berdiri adalah Huang Laodao 黄老道, yang merupakan penggabungan antara Fangxian dan pemikiran dari Lao Zi 老子 dan Huangdi 黄帝, walau mengandung unsur yang bisa disebut sebagai agama tapi belum benar-benar menjadi agama Tao. Selama masa awal itu hanya Taoisme Guru Langit 天师道 atau Taoisme Wu Dou Mi 五斗米道 dari dinasti Eastern Han yang dapat diebut sebagai agama formal. Pada masa pra dinasti Song dan dinasti Yuan 宋朝 元朝, walau di aliran Tianshi ada jindan 金丹, fulu 符录, jingfa 经法, maoshan 茅山, gezao 阁皂 dan sekte lainnya bukan merupakan sekte-sekte yang terpisah secara jelas seperti aliran. Pemisahan aliran Taoisme dapat dikatakan baru menjadi jelas pada masa antara dinasti Song dan Yuan.
Dalam kaitan dengan pelatihan Taoist, agama dapat dibagi menjadi aliran Fu Lu (Jimat dan Registrasi 符录派) dan aliran Bejana Pil Dan Ding 丹鼎派. Aliran Bejana Pil juga disebut aliran Pil Emas, di dalam aliran ini terbagi lagi menjadi dua sekolah lebih kecil, Sekolah Pil eksternal 外丹派 dan Sekolah Pil internal 内丹派. Dalam kaitan dengan doktrin dan kitab, Taoisme dapat dibagi menjadi sekte Bo Jia 帛家道, sekte Lou Guan 楼观派, sekte Shang Qing 上清派, sekte Ling Bao 灵宝派, sekte Guru Langit Utara 北天师道, sekte Guru Langit Selatan 南天师道, dan lain-lain.
Setelah jatuhnya pemerintahan dinasti Song Utara 北宋, sekte Taoisme yang baru mulai bermunculan, seperti sekte Tai Yi 太一道, sekte Zhen Da 真大道 dan sekte Quan Zhen 全真道. Wujud dari sekolah yang baru ini sebagai jawaban terhadap permasalahan penyimpangan-penyimpangan yang terjadi di dalam agama Tao; hal itu juga menjawab seruan untuk penggabungan di antara ketiga agama utama di negeri Tiongkok. Di dalam wilayah pemerintahan dinasti Song Utara, aliran Taoisme mengambil peran terutama dalam perubahan-perubahan, terutama dalam hal upacara agama; untuk dikembangkan dengan tujuan memenuhi kebutuhan masyarakat pada masa itu.
Dalam sejarah Taoisme; sekte aliran, dibedakan berdasarkan garis keturunan. Ada empat sekte terbesar dalam Taoisme. Mereka adalah Sekte Zheng Yi (Kaum Ortodox Yang Esa-Guru Surgawi) 正一道, Sekte Quan Zhen (Kesempurnaan Lengkap) 全真道, Sekte Tai Yi 太一道 dan
Sekte Zheng Da Dao 真大道.
Sekte Taoisme Zheng Yi (Kaum ortodox Yang Esa) 正一道: Pendiri Sekte Zheng Yi adalah Zhang DaoLing dari dinasti Han. Setelah generasi ke empat, Zhang Sheng 张盛, memindahkan basisnya ke Gunung Long Hu 龙虎山 di provinsi Jiang Xi 江西. Pada masa dinasti Yuan awal, generasi yang ke-36 Zhang Zong Yan 张宗演 atas titah Kaisar Yuan Shizu 元世祖 memimpin Taoisme untuk wilayah Jiang Nan 江南; kemudian generasi yang ke-38 Zhang YuCai 张与材 diangkat oleh Kaisar sebagai pimpinan sekte Zheng Yi yang memimpin semua tiga sekte Fulu. Sejak itu sekte Tianshi (sekte Guru Langit) mulai menggunakan nama Zheng Yi sebagai ganti sekte Tianshi “Sekte Guru Langit”.
Sekte Quan Zhen (Kesempurnaan Lengkap) 全真道: Pendiri Sekte Quan Zhen adalah Wang Ji, 王吉 terkenal dikenal sebagai Wang Chong Yang 王重阳, seorang pendeta Taoist dari dinasti Jin. Menurut cerita, Wang menjadi murid dari yang abadi yang terkenal yakni, Lu Dong Bin 吕洞宾 dan dari Lu lah diketahui bahwa Wang telah mempelajari keabadian. Pada tahun Dading ke 7 大定 七年 masa pemerintahan kaisar Jin Shi Zong 金世宗 (1167 C.E),Wang mulai menyebarkan ajaran di Provinsi Shan Dong 山东 di mana ia mendirikan sekte Taoisme, yaitu sekte Quan Zhen 全真道, yang kemudian menjadi salah satu sekte Taoism yang paling utama dan yang paling besar. Sekte Quan Zhen berpandangan bahwa tiga agama utama di Tiongkok, yaitu, Taoisme, Buddhisme, dan Ruisme pada hakekatnya memiliki banyak kesamaan, dan harus diperlakukan dengan penghormatan yang sama. Karena kesemuanya mendukung masyarakat untuk mempraktekkan jalan Tao, terutama melalui pengembangan diri pribadi. Aliran ini juga mensyaratkan bahwa rahib agama Tao untuk tinggal di kuil, meninggalkan keduniawian dan menjadi Taosu (pendeta Tao). Wang Chong Yang juga menetapkan 15 ketentuan utama untuk Taoist Quan Zhen, yang membedakan alirannya dengan sekte lain. Tradisi pendeta Quan Zhen adalah peraturannya berpantang terhadap alkohol atau mengkonsumsi daging. Wang Chong Yang meninggal pada tahun 1170, setelah itu sekte dipimpin oleh ketujuh muridnya yang dikenal sebagai Tujuh Taoist Arah Utara. Masing-Masing murid kemudian mendirikan sekte mereka sendiri di bawah aliran Quan Zhen, yang paling berpengaruh di antara mereka adalah sekte Long Men 龙门派 didirikan oleh Qiu Chang Chun 邱长春.
Sekte Tai Yi 太一道:
Sekte ini didirikan di sekitar tahun 1138 oleh Taoist Xiao Bao Zhen 萧抱珍. Dikisahkan bahwa Xiao mulai membantu orang-orang yang membutuhkan ketika ia berhasil mencapai Dao. Xiao diberi kehormatan dengan suatu sebutan khusus oleh Kaisar dinasti Jin. Di dinasti Yuan Sekte Tai Yi mulai berkembang pesat, dan setelah tujuh generasi perkembangan sekte tersebut mulai menurun.
Sekte Zhen Da Dao 真大道: Pendirinya, Taoist Liu De Ren 刘德仁 mendirikan sekte tersebut antara tahun 1141 sampai 1148. Ia menetapkan delapan prinsip dasar untuk sekte yang mengharuskan pengikut nya hidup dengan gaya hidup sederhana, untuk bekerja dengan tujuan supaya dapat menyambung hidup tidak untuk mencari kekayaan/yang bersifat duniawi. Sekte ini mensyaratkan pengikutnya harus ramah tamah, tidak membunuh, tidak beraktivitas seksual yang tidak pantas, tidak mengkonsumsi daging dan alkohol. Hal yang unik di dalam cara sekte ini yakni sekte ini tidak mengajarkan gagasan untuk umur panjang dan hidup abadi, tidak sama dengan sekte lain. Pimpinan kelima sekte Zhen Da Dao dianugerahi gelar oleh kaisar Yuan Xian Zong 元 宪宗 dengan gelar “Tai Xuan Zhen Ren” 太玄真人. Zhen Da Dao Jiao berkembang di Negeri Tiongkok bagian selatan dan hingga memasuki generasi ke 10, sekte tersebut perlahan-lahan mengalami kemorosotan.
Dalam koleksi Bai Yun Guan (Awan Putih Kuil di Beijing 北京白云观), terdapat arsip yang menyebutkan bahwa tedapat sekitar 86 aliran atau sekte-sekte Tao yang berbeda tapi sama sekte-sekte tersebut diakui keabsahannya 诸真宗派. Sekte atau aliran ini merupakan bagian dari Sekte Zheng Yi 正 一, atau bagian dari Sekte Quan Zhen 全真. Sekte Quan Zhen 全真 yang lebih besar dari pada Sekte Zheng Yi. Banyak aliran yang terkemuka merupakan bagian dari Sekte Quan Zhen 全真派, seperti, Wu Zhu Pai 五祖派, Sekte Beiqizhen 北七真派 dan Sekte Nanwuzu Ziyang 南五祖紫阳派. “Wu Zhu” 五祖 berarti lima sesepuh pertama dari sekte, dan masing-masing dari lima pimpinan juga telah mendirikan sub sekte mereka sendiri. Lima pimpinan adalah Wang Xuan Fu 王玄辅 atau yang dikenal sebagai Donghua Dijun 东华帝君, Zhong Li Quan 钟离权, Lu Chun Yang 吕纯阳, Wang Chong Yang 王重阳 dan Liu Hai Chan 刘海蟾. Sekte Tujuh Manusia Sejati Utara merupakan hasil bentukan dari tujuh guru Taoist yang hidup di Negeri Tiongkok bagian utara selama masa dinasti Song dan bagian dari dinasti Yuan; mereka adalah para murid dari guru Taoist yang sama, Guru Wang Chong Yang. Masing-Masing dari ketujuh guru tersebut mendirikan suatu sekte baru. Sekolah Taoisme Sesepuh Selatan pertama kali dipimpin oleh lima pimpinan mereka sendiri, mereka hidup di sekitar masa dinasti Song dan aktivitas mereka kebanyakan di Negeri Tiongkok bagian selatan. Nama dari lima pimpinan pertama sekte Selatan adalah Zhang Bo Duan 张紫阳, Shi Xing Lin 石杏林, Xue Dao Guang 薛道光, Chen Ni Wan 陈泥丸 dan Bai Yu Chan 白玉蟾.
Di masa lalu ada tiga sekte yang menggunakan ritual pewarisan dan registrasi LU dan JING (kitab) 传授经录科义. Sekte ini dikenal karena nama gunung sebagai pusat induk mereka, Long Hu Shan (gunung) 龙虎山, Ge Zao Shan (Gunung) 阁皂山 dan Mao Shan (Gunung) 茅山. Semua tiga sekte adalah di bawah aliran Zheng Yi 正一派. Sekte Zheng Yi 正一派 mempunyai banyak aliran yang berbeda, yang terkenal meliputi aliran Mao Shan 茅山派, aliran Jing Ming 净明派, aliran Qing Wei 清微派, aliran Wu Dang 武当派 dan lain lain.