Budaya-Tionghoa.Net | Berikut ini point point dari presentasi powerpoint yang pernah dibawakan beberapa kali saat gathering mailing-list Budaya Tionghoa. Dongzhi 冬至 Tangceh 冬節.
|
MAILING LIST
http://groups.yahoo.com/group/ budaya_tionghua
TRI PILAR BUDAYA TIONGHOA
PENGHORMATAN LELUHUR 祭祖 | SISTEM KEKERABATAN 家族 | MAKANAN 食餌
Keseluruhan adalah kesusilaan dan tata krama
TRI MAKNA BUDAYA TIONGHOA
KEBERSAMAAN 公 | SETIA DAN BERBAKTI 忠孝 | HARMONY 中庸/ 和合
PENGHORMATAN
Langit 天 | Bumi 地 | Pemimpin Negara 君/ 國 | Kerabat 亲 | Guru 师 | Sahabat 友
LELUHUR BANGSA TIONGHOA
有 巢 You Chao | 燧人 Sui ren | 三皇五帝 San Huang Wu Di
Dong 冬 berarti musim dingin, zhi 至 berarti paling/sangat Dongzhi adalah hari dengan siang terpendek (malam terpanjang) di bumi bagian utara Matahari berada pada posisi paling selatan (23,5° LS) ||| MORE
至PALING
夏至 冬至 Dari 24 perubahan cuaca/musim/ jie qi 节气 . Dong Zhi dan Xia Zhi adalah posisi dimana jarak matahari terdekat dan terjauh dari bumi.
24 JIEQI 節氣
[1] Lichun 立春 4 Feb | [2] Yushui 雨水 19 Feb | [3] Jingzhe 驚蜇 6 Mar | 4. Chunfen 春分 21 Mar | [5] Qingming 清明 5 Apr | [6] Guyu 谷雨 20 Apr | [7] Lixia 立夏 6 Mei | [8] Xiaoman 小滿 21 Mei | [9] Mangzhong 芒種 6 Jun | [10] Xiazhi 夏至 22 Jun | [11] Xiaoshu 小暑 7 Jul | [12] Dashu 大暑 23 Jul | [13] Liqiu 立秋 8 Agu | [14] Chushu 處暑 23 Agu | [15] Bailu 白露 8 Sep | [16] Qiufen 秋分 23 Sep | [17] Hanlu 寒露 8 Okt | [18] Shuangjiang 霜降 24 Okt | [19] Lidong 立冬 8 Nov | [20] Xiaoxue 小雪 22 Nov | [21] Daxue 大雪 7 Des | [22] Dongzhi 冬至 22 Des | [23] Xiaohan 小寒 6 Jan | [24] Dahan 大寒 20 Jan.
-Jieqi yang bernomor genap disebut zhongqi 中氣 . Bulan yang tidak ada zhongqi 無中氣 adalah bulan kabisat 閏月
-Pergerakan 360 derajat dan setiap pergerakan 15 derajat berdasarkan garis edar matahari menjadi satuan minggu yaitu yang disebut jie qi. Inilah yang mendasari 24 minggu atau pergerakan musim.
-Patokan garis edar ini membuat jie qi tidak pernah berbeda jauh dengan penanggalan matahari. Misalnya hari Dong Zhi yang berkisar tanggal 21 dan 23 desember.||| MORE [1] [2] [3]
LATAR BELAKANG DONGZHI
[1] Sistem kalender pertanian yang berbasiskan lunisolar
[2] Akhir satu tahun
[3] Cuaca yang makin dingin
[4] Yin dan Yang yang bergantian melengkapi proses 1 tahun ( 夏至 冬至)
[5] Pada jaman dinasti Zhou, Dong Zhi adalah awal tahun baru. Jaman dinasti Zhou (1066-256 bce)hingga jaman dinasti Qin, hari Dongzhi adalah hari menyambut tahun yang baru. Karena penanggalan dinasti Zhou, bulan 11 (dalam kalender Xia ) adalah bulan 1. Baru para masa kaisar Han Wudi ( 156-87 bec), mengunakan penanggalan Xia|||
DONGZHI & IMLEK
Dongzhi sama pentingnya seperti tahun baru 冬至大如新年
[1] Kaitan 4 musim
[2] 1 tahun 4 musim dibagi menjadi 3 bulan yaitu meng 孟zhong仲 dan ji季
[3] Contoh bulan pertama musim semi disebut 孟春bulan ke dua musim panas disebut 仲夏bulan ke 3 musim gugur disebut ji qiu 季秋
[4] Jadi jika ada sebutan meng chun artinya bulan pertama musim semi
[5] 礼记·月令 kitab LiJi bab sistem dan bulan, menyebut bulan ke 11 sebagai chang yue 畅月 atau juga zhong dong 仲冬.
Onde (Tangyuan 湯圓) . Tangyuan melambangkan persatuan dan harmoni dalam keluarga. Tangyuan juga disebut tuanyuan 團圓 reuni keluarga , malam sebelum dongzhi seluruh keluarga berkumpul membuat onde 不吃金丸 不吃銀丸 不長一歲
Jiao’er 餃兒 dan Huntun 餛飩
[1] Ketika dinasti Han, banyak penduduk menderita penyakit akibat hawa dingin hingga telinganya membeku (jiao’er 膠耳). Seorang tabib Zhang Zhongjing 張仲景 (25-220 M) membuat ramuan obat yang terdiri dari daging, bumbu serta bahan obat, yang dibungkus menyerupai bentuk telinga.
[2] Zaman dinasti Han penduduk sering diganggu oleh orang Xiongnu 匈奴 yang dipimpin oleh dua orang yang bernama Hun 渾 dan Tun 屯. Untuk mengekspresikan kejengkelan mereka, dibuatlah makanan yang dinamakan huntun 餛飩. Sehingga memakan huntun 餛飩 diartikan memakan pemimpin Xiongnu: Hun 渾 dan Tun 屯
九层糕
KUE 9 TINGKAT
九层糕Kue 9 tingkat/ lapis maknanya setiap langkah memakin meningkat/maju 步步高升 . Kebiasaan ini hanya ada dibeberapa daerah di Taiwan
DAGING ANJING – KAMBING
Makan daging anjing. Konon Han Gaozu 汉高祖 (Liu Bang 刘邦) suatu hari mencicipi daging yang dimasak oleh 樊哙 Fan Kuai.
Makan daging kambing. Liu Bei
赤豆糯米飯
Di daerah SuHang, pada malam Dongzhi, seluruh keluarga berkumpul dan makan nasi ketan kacang merah. Gonggong dan anaknya
冬酿酒 Arak Dongniang
Makanan yang tidak terduga
n TAHU
Hal-hal yang dilakukan pada saat Dong Zhi :
[2] Membersihkan kuburan atau menambah tanah kuburan. Menghangatkan kuburan 暖坟. Terutama untuk kuburan yang baru.
[3] Membagi daging / 分腊肉/分冬至肉 yang diberikan kepada pelajar, untuk mendorongnya agar semangat belajar bertambah dan kaum manula sebagai penghormatan. Biasanya dibagikan oleh rumah abu/marga dan disumbang oleh orang kaya atau uang rumah abu.
九九歌
一九二九不出手;三九四九冰上走;五九六九沿河看柳;七九河开八九雁来;九九加一九,耕牛遍地走.
1×9, 2×9 tdk mengeluarkan tangan, 3×9 4×9 berjalan diatas es, 5×9 6×9 menyusuri sungai melihat pohon willow, 7×9 sungai membelah (es mencair ) 8×9 burung yan/angsa liar datang, 9×9 tambah 1×9 sapi pembajak berjalan
亭前垂柳珍重待春風
Didepan pendopo pohon liu terkulai
Hargailah pentingnya waktu menunggu angin musim semi
三九的佳人泪如梭,奴看你不成器,终须玉环琢。一年四季南北混,自勤苦不能尚勤学。养不教,父之过,孔门高第作大学,元圣周公作周礼,大成至圣师项?。
San jiu de jia ren lei ru suo, nu kan ni bu cheng qi. Zhong xu yu huan zhuo。Yi nian si ji nanbei gun, zi qin ku bu neng shang qing xue. Yang bu jiao, fu zhi guo, kong men gao di zhuo da xue, yuan sheng zhou gong zhuo zhou li, da cheng zhi sheng shi xiang. Air mata wanita cantik ( ibu )di musim dingin ( san jiu disini artinya musim dingin ) seperti tetesan ( suo/benda yang seperti tetesan air/torpedo ), melihat kamu tidak berguna, Giok pada akhirnya harus digosok. Satu tahun 4 musim bermain, bekerja keras tapi tidak bisa menghargai belajar. Memelihara tanpa mengajar adalah kesalahan ayah, Kong Zi dan murid2nya membuat sekolah, Zhou Gong membuat tata susila, bisakah mengidolakan dan mencapai pencapaian guru besar ?Ritual sembahyang Dongzhi 22 desember 2005 di vihara Nanputuo . 南通太平禅寺冬至水陆法会 Perayaan di Nantong Vihara TaiPing 19-25 desember 2007. Perayaan Dongzhi di Baiyun guan Shanghai 2005
邯郸冬至夜
唐)白居易
Bai Juyi ( dinasti Tang )
邯(hán)郸(dān)驿(yì)里(lǐ)逢(féng)冬(dōng)至(zhì),抱(bào)膝(xī)灯(dēng)前(qián)影(yǐng)伴(bàn)身(shēn)。
Ku berada di losmen kota Handan melewati Dongzhi
Memeluk lutut duduk dihadapan lampu, bayanganlah temanku
n 想(xiǎng)得(dé)家(jiā)中(zhōng)夜(yè)深(shēn)坐(zuò),还(hái)应(yìng)说(shuō)著(zhù)远(yuǎn)行(xíng)人(rén)
Terpikir orang rumah duduk dimalam yang larut. Mungkin membicarakan aku yang berpergian jauh
Dongzhi 冬至
n 词:高晓松 曲:高晓松
你和冬天一样来得迟 kamu seperti musim dingin yang datang terlambat
胸前挂着一把明媚的钥匙 di dada tergantung kunci yang indah dan bercahaya
你要等雪花把头发淋湿 kamu mau menunggu bunga es membuat kepalamu basah
你要帮一件晴朗的事 kamu mau membantu suatu pekerjaan yang bercahaya
你说山会拉你回家 kamu bilang gunung akan menarikmu pulang
他会让你不再害怕天涯 dia akan membuat kamu tidak takut ujung dunia
他会陪你看满天红的霞 dia akan menemanimu melihat awan berwarnawarni yang memenui langit yang memerah
为什么天上有月亮 mengapa langit ada rembulan ?
为什么地上有远方 mengapa dibumi ada jarak yang jauh
为什么眼睛有泪光 mengapa dimata ada air mata yg berkilauan
看得天地之间一片白茫茫 melihat antara bumi dan langit hamparan putih tiada batas
为什么四季要歌唱 mengapa harus bernyanyi di 4 musim ?
,为什么我们要成长 mengapa kita harus tumbuh dewasa ?
为什么有那么多墙 mengapa begitu banyak tembok ?
所有漫长的路越走越漫长 漫长 semua jalan yang panjang semakin dijalani semakin panjang
Peribahasa
“富人吃一夜,穷人冻一夜”
Orang kaya makan semalaman, orang miskin beku semalaman
LABA 腊八
Hari yang berkaitan dengan Dongzhi diadopsi oleh agama Buddha Tiongkok | Hari penting di kalangan rakyat | Makna filosofis Buddhism dan sejarah Buddhisme Penghormatan leluhur dan para dewata 3 戌 setelah Dong Zhi adalah hari La Ba. Dinasti Xia menyebutnya Jia Ping 嘉平 Dinasti Shang menyebutnya QingSi 清祀 Dinasti Zhou menyebutnya Da La 大腊 Kemudian pada jaman dinasti utara selatan ditetapkan tanggal 8 bulan La atau bulan 12 臘八
Arti La adalah bulan 12 berasal dari kata Lie atau berburu.
[1] Pergantian [2] Ritual [3] Persiapan menyambut tahun baru
PENGARUH BUDDHISME
Hari raya LA sebenarnya TIDAK PERNAH dibakukan menjadi tanggal 8, tergantung pergeseran hari Xu. Masuknya agama Buddha memberikan nuansa baru terhadap perayaan ini. Buddha Mahayana Tiongkok percaya bahwa tanggal 8 bulan 12 adalah hari Sidharta Gautama mencapai keBuddhaan佛祖 成道日 Bulan 2 tanggal 15 hari Buddha parinabbana Xinjin ri 薪尽日 Bulan 4 tanggal 8 Buddha lahir 沐佛节 Bulan 8 tanggal 8 Buddha memutar roda dharma转法轮日
ASAL USUL BUBUR LA BA
[1] Dulu beberapa vihara memiliki tradisi para bhiksu berpindapata meminta biji-bijian, kemudian biji-bijian itu dimasak dan dibagikan kepada kaum fakir miskin Dan rakyat miskin menyebut bubur itu bubur Buddha 佛粥 dan mereka percaya yang memakannya akan mendapat perlindungan dari para Buddha dan Bodhisatva
[2] Konon menurut legenda, di kota Hangzhou ada satu vihara bernama Tian Ning天宁寺. Vihara tersebut memiliki bangunan yg disebut Zhan Fan Lou/bangunan penyimpanan nasi 栈饭楼. Setiap sisa nasi yang terbuang, dikumpulkan dan dijemur hingga kering. Kemudian pada saat hari La Ba, nasi aking itu direbus dan dibuat bubur untuk dibagikan kepada para fakir miskin. Bubur itu disebut fude zhou 福德粥 atau fushou zhou 福寿粥
[3] Sujata memberikan makanan kepada Sidharta Gautama dan makanan itu memberi Sidharta Gautama kekuatan fisik lagi dan Beliau akhirnya mencapai kesempurnaan
[4] Jaman Qin Shihuang 秦始皇, rakyat yang membangun tembok besar mengandalkan makanan dari keluarga mereka. Yang tidak mendapatkan makanan dari keluarganya sering kali kelaparan. Pada bulan La tanggal 8, para pekerja itu akhirnya bersama2 mengumpulkan biji2an dan memasaknya. Semua dibagi 1 mangkok. Tapi 1 mangkok itu tidak dapat menutupi rasa laparnya dan mereka semua mati kelaparan. Untuk mengenangnya maka disebut bubur La Ba
[5] Mengenang Yue Fei yang berperang di Zhuxian zhen 朱仙镇. Zhu Yuanzhang 朱元璋 yang dipenjara dan kelaparan.
Yang sering dilakukan pada hari Laba
[6] Waktunya menghitung hutang piutang, membayar hutang. 腊八蒜 Sembahyang kepada leluhur. Kaisar memberikan bubur laba kepada para bawahannya ( jaman Ming Qing ) Pada jaman Ming dan Qing, penghormatan kepada leluhur diganti menjadi penghormatan kepada para Buddha dan Bodhisatva
Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghoa
Pihak yang ingin mempublikasi ulang tulisan dalam web ini diharapkan untuk menyertakan link aktif : www.budaya-tionghoa.net , NAMA PENULIS dan LINK aktif yang berada didalam tulisan atau membaca lebih jauh tentang syarat dan kondisi . Mempublikasi ulang tanpa menyertakan tautan internal didalamnya termasuk tautan luar , tautan dalam , catatan kaki , referensi , video , picture , sama dengan mengurangi konten dalam tulisan ini.