Photo by : M. Weitzel
Reproduction of a calligraphy of Great Learning by Yuan calligrapher Zhao Mengfu
at the Confucian temple in Tainan, Taiwan
Budaya-Tionghoa.Net | Kata pengantar penafsiran: Penafsiran ini adalah berdasarkan ulasan dari 朱熹 Zhū Xī . Buku acuan utama adalah 四書章句集注 Kumpulan Ulasan Bab-Bab 四書 (si4 shu1: Lun Yu, Da Xue, Zhong Yong, Mengzi) yang ditulis oleh Zhu1 Xi1
|
大學.
Da4 Xue2 adalah karya klasik yang aslinya adalah hanya satu bagian (bab) dari karya yang lebih panjang yaitu 禮記 Lǐjì. Namun mulai di masa Song, 大學 Da4 Xue2 kemudian mulai beredar terlepas dari禮記 Li3ji4 dan keberadaannya dinilai semakin penting. Oleh朱熹 Zhu1 Xi1 大學 Da4 Xue2 kemudian “dikeluarkan” dan menjadi buku tersendiri.
朱 熹 Zhu1 Xi1 dan kaum Ru sejamannya membagi大學 Da4 Xue2 menjadi dua bagia, yaitu bagian “klasik” (經 jing1), yang dianggap ditulis sendiri oleh 孔子Kongzi dan bagian “ulasan” (傳 zhuan4) terhadap bagian “klasik” yang ditulis oleh曾子Zengzi (murid Kongzi).
Ulasan朱熹 Zhu Xi terhadap 大學 Da Xue kemudian dijadikan sebagai penafsiran standar, walaupun kemudian ulasan ini juga mendapat ulasan dari Wang Yanming dalam karya yang ditulis muridnya Qian Dehong. Ulasan Wang Yanming ini berjudul “Pertanyaan Terhadap Da Xue”.
《大學章句》
《大學章句序》
大學之書,古之大學所以教人之法也。蓋自天降生民,則既莫不與之以仁義禮智之性矣。然其氣質之稟或 不能齊,是以不能皆有以知其性之所有而全之也。一有聰明睿智能盡其性者出於其閒,則天必命之以為億兆之君師,使之治而教之,以復其性。此伏羲、神農、黃 帝、堯、舜,所以繼天立極,而司徒之職、典樂之官所由設也。
三代之隆,其法寖備,然後王宮、國都以及閭巷,莫不有學。人生八歲,則自王公以下,至於庶人之子 弟,皆入小學,而教之以灑掃、應對、進退之節,禮樂、射御、書數之文;及其十有五年,則自天子之元子、眾子,以至公、卿、大夫、元士之適子,與凡民之俊 秀,皆入大學,而教之以窮理、正心、修己、治人之道。此又學校之教、大小之節所以分也。
夫以學校之設,其廣如此,教之之術,其次第節目之詳又如此,而其所以為教,則又皆本之人君躬行心得 之餘,不待求之民生日用彝倫之外,是以當世之人無不學。其學焉者,無不有以知其性分之所固有,職分之所當為,而各俛焉以盡其力。此古昔盛時所以治隆於上, 俗美於下,而非後世之所能及也!
及周之衰,賢聖之君不作,學校之政不修,教化陵夷,風俗頹敗. 時則有若孔子之聖,而不得君師之位以 行其政教,於是獨取先王之法,誦而傳之以詔後世。若曲禮、少儀、內則、弟子職諸篇,固小學之支流餘裔,而此篇者,則因小學之成功,以著大學之明法,外有以 極其規模之大,而內有以盡其節目之詳者也。三千之徒,蓋莫不聞其說,而曾氏之傳獨得其宗,於是作為傳義,以發其意。及孟子沒而其傳泯焉,則其書雖存,而知 者鮮矣!
自是以來,俗儒記誦詞章之習,其功倍於小學而無用;異端虛無寂滅之教,其高過於大學而無實。其他權 謀術數,一切以就功名之說,與夫百家眾技之流,所以惑世誣民、充塞仁義者,又紛然雜出乎其閒。使其君子不幸而不得聞大道之要,其小人不幸而不得蒙至治之 澤,晦盲否塞,反覆沈痼,以及五季之衰,而壞亂極矣!
天運循環,無往不復。宋德隆盛,治教修明。於是河南程氏兩夫子出,而有以接乎孟氏之傳。實始尊信此 篇而表章之,既又為之次其簡編,發其歸趣,然後古者大學教人之法、聖經賢傳之指,粲然復明於世。雖以熹之不敏,亦幸私淑而與有聞焉。顧其為書猶頗放失,是 以忘其固陋,采而輯之,閒亦竊附己意,補其闕略,以俟後之君子。極知僭踰,無所逃罪,然於國家化民成俗之意、學者修己治人之方,則未必無小補云。
淳熙己酉二月甲子,新安朱熹序。
Bagian 大學 Da4 Xue2 (dari 4 buku yang dicakup dalam 四書章句集注 Kumpulan Ulasan Bab-Bab 四書 si4 shu1: 論語 Lun Yu, 大學 Da Xue, 中庸 Zhong Yong, 孟子 Mengzi)
Kata Pengantar Bagian大學 Da4 Xue2 oleh朱熹 Zhu Xi
Buku 大學 Da4 Xue2, sejak dulu大學 Da4 Xue2 digunakan di akademi kerajaan sebagai metode mendidik orang (古之大學所以教人之法也, 大學 di sini maksud 朱熹 Zhu1 Xi1 adalah 太學 tai4 xue2 institusi akademi kerajaan jaman dulu; institusi sejenis pada periode 虞舜 Yu2 Shun4 dikenal dengan nama 上庠 shang4 xiang2 akademi para sesepuh; jaman 夏 Xia4 dikenal dengan nama 東序 dong1 xu4; jaman 周 Zhou1 dikenal dengan nama 東膠 dong1 jiao1; sampai jaman 漢 Han4 dikenal sebagai 太學 tai4xue2; sampai era朱熹 Zhu1 Xi1 bahkan sampai masa sekarang dikenal dengan nama大學 Da4 Xue2 – harap dibedakan konteksnya antara Da Xue sebagai institusi perguruan tinggi dengan Da Xue sebagai buku). Manusia sejak awal keberadaannya, semuanya secara alamiah memiliki nurani yang berdasarkan 仁義禮智 ren2 (welas asih/kemanusiaan) yi4 (rasa kebenaran/keadilan) li3 (kepatutan dan tata susila) zhi4 (pengetahuan dan kebijaksanaan).
Walaupun begitu, kualitas diri tiap individu tidaklah merata dan masing-masing individu memiliki perbedaan. Karenanya tidak semua individu memiliki kemampuan untuk menyadari potensi nurani mereka dan mewujudkannya dengan lengkap. Segera setelah ada mereka yang cukup pintar dan bijaksana untuk dapat mendalami dan mewujudkan nurani dasar, mereka akan menjulang tinggi di antara yang lainnya. Secara alamiah (literal: Tian harus menetapkan) mereka adalah para penguasa dan guru dari berjuta-juta tak terhitung lainnya, membuat mereka berkuasa atas dan mendidik yang lainnya, sehingga bisa membantu mereka membangkitkan kembali nurani dasarnya. Ini adalah proses bagaimana Fu Xi, Shen Nong, Huang Di, Yao dan Shun melanjutkan prinsip-prinsip Tian dan mendirikan kesempurnaan. Dan juga tugas menteri pendidikan dan pejabat-pejabat departemen musik didirikan dari proses ini.
Kemuliaan 3 dinasti (Xia, Shang, Zhou) secara bertahap mempersiapkan aturan dan norma, kemudian dari istana raja, ke ibukota negara, turun sampai ke jalan terkecil terdapat sekolah-sekolah.Seseorang sejak usia 8 tahun, mulai dari anak raja turun sampai anak rakyat jelata, semuanya memasuki sekolah dasar (xiao xue), di mana mereka diajari tentang pelajaran mengenai menyapu dan membersihkan, merespon dan menjawab, memasuki dan keluar, juga pelajaran untuk menjiwai tata susila (dan tata upacara), musik, memanah, berkuda (dan mengendarai kereta kuda), ilmu buku (menulis, kaligrafi, buku-buku dasar) dan ilmu hitung).Ketika berusia 15 tahun, dari putra mahkota seorang penguasa (Tianzi) maupun anak-anaknya yang lain, terus ke anak para bangsawan, anak para menteri, anak para penasehat agung, anak para pejabat, bersama dengan mereka-mereka yang menonjol di antara rakyat awam, masuk ke sekolah tinggi (Da Xue di sini maksudnya akademi kerajaan / sekolah tinggi, lihat penjelasan di paragraf awal). Di mana mereka akan dididik tentang metode penelitian suatu hal sampai ke akar-akarnya, metode memperbaiki/pelurusan pikiran, metode kultivasi diri, dan metode memerintah rakyat. Inilah pendidikan yang ada di sekolah-sekolah, dan pembagian antara sekolah dasar dan sekolah tinggi dibedakan.
Bersambung
Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua | Facebook Group Budaya Tionghoa