DAFTAR PUSTAKA
Bagus,Lorens, Kamus Filsafat, 2005, Jakarta : PT.Gramedia Pustaka Utama
Fang Litian 方立天,Zhongguo Gudai Zhexue 中国古代哲学 ( Filsafat Tiongkok Kuno ), 2006, Beijing : People’s of China University Publisher 中国人民大学出版社
He Huazhang 贺华章, Zhouyi Daquan 周易大全 ( Penjelasan Zhou Yi ), 2007, Xi An 西安 : Shaanxi National University publisher陕西师范大学出版社
Li Shen 李申, Zhongguo Rujiao Shi 中國儒教史 ( Sejarah Ruism Tiongkok ), Shanghai: Shanghai Peoples’s Publisher 上海人民出版社, 1999
Li Xiangfeng 黎翔鳳 Buku Komentar dan Keterangan Guan Zi 管子校注, Beijing : China bookstore publisher 中国图书出版社, 2004.
Qi Liang 啟良,中國文明史 (Sejarah Peradaban Tiongkok ), 2000, Guangzhou: Hua Cheng publisher 花城出版社
Tang Yijie 湯一介, Zhang Dainian 張岱年 dan kawan-kawan, 中國哲學史討論稿 (Paper Discussion Sejarah Filsafat Tiongkok), 1973, Beijing : Beijing University fakultas filsafat北京大學哲學系
Wu Shuping 吳樹平 Lai Zhangyang 賴長揚 editor, Baihua Sishu Wujing 白話四書五經 ( Empat Buku Lima Kitab dalam Bahasa Modern), 1992, Beijing: International Culture Publisher國際文化出版社
Xu Jialu许嘉璐, Mei Ji梅季, dkk, Wenbai duizhao Shisan jing 文白对照十三经 ( Tiga Belas Kitab dalam Bahasa Klasik dan Modern, 1998 : Guangxi : Guangxi Education Publisher 广西教育出版社
Ye Shi Chang 葉世昌 , Gudai zhongguo jingji sixiang shi 中國古代經濟思想史 ( Sejarah perekonomian Tiongkok Kuno ), hal.82, Shanghai : Fudan university Publisher 复旦大学出版社, 2003.
LAMPIRAN
( http://www.awesomestories.com/images/user/b4cbb7aae7.gif )
CATATAN KAKI
[1] Penulis mengartikan sebagai realitas dan sebagai masukan adalah kutipan dari kamus “The Cambridge Dictionary of Philosophy” yang tertulis sebagai berikut “ reality, in standard philosophical usage, how things actually are, in contrast with their mere appearence. Appearence has to do with how things seem to a particular perceiver or groups of perceivers.” Realitas, dalam standar penggunaan di filsafat, bagaimana benda-benda itu apa adanya, yang membedakan dengan apa yang tampak. Penampakan memiliki kaitan dengan benda-benda yang tampak di para pengesan.
[2] Lih. Drs.Peter Salim, MA Kamus “The Contemporary English-Indonesian Dictionary”, Modern English Pers, Jakarta, edisi ke 7 1996.
[3] Yin yang adalah konsep tentang dualisme yang saling berharmonisasi dan merupakan dasar konsep materialisme Tiongkok.
[4] Lima unsur adalah lima unsur utama yang ada di alam ini yang saling berinteraksi menghidupi dan mengalahkan, digambarkan sebagai unsur kayu, logam, tanah, air, api.
[5] Periode 100 aliran filsafat berkisar antara tahun 500 BCE hingga tahun 221 BCE, dimasa itu ada banyak aliran filsafat yang mencoba menanamkan ajaran dan konsep mereka kepada para raja muda yang saling berperang.
[6] Chen Yao-Ting ( 1939- ) adalah pakar bahasa dan kitab klasik kuno, yang sempat menjabat sebagai peneliti di Lembaga Penelitian dan Pengkajian Kepercayaan di Shanghai, fokus utama Chen adalah Taoism.
[7] Lorens Bagus, Kamus Filsafat, hal.658, September 2005, Jakarta : PT.Gramedia Pustaka Utama
[8] Qi Liang 啟良, Zhongguo Wenmingshi中國文明史 ( Sejarah Peradaban Tiongkok ), jilid 1 hal.36, 2000, Guangzhou: Hua Cheng publisher 花城出版社
[9] Buku itu menceritakan kisah Pan Gu yang memisahkan langit dan bumi, dan lahirnya 3 kaisar dan 5 raja Tiongkok purba.
[10] Qi Liang 啟良,Zhongguo Wenmingshi中國文明史 ( Sejarah Peradaban Tiongkok ), jilid 1 hal.36,cetakan ke 4, 2000, Guangzhou: Hua Cheng publisher 花城出版社
[11] Mengenai Sui Ren,Nv Wa dan para tokoh-tokoh purba ini sudah menjadi pengetahuan umum bagi banyak orang Tiongkok, terutama yang pernah belajar yang menyangkut masa prasejarah.
[12] Kaisar Kuning adalah bapak bangsa Tionghoa yang disebut peletak peradaban Tiongkok dengan penemuan tulisan yang dibuat oleh Cang Jie 倉頡, salah satu mentrinya.
[13] Tiga kaisar purba secara umum yang diterima adalah Fuxi 伏羲, Shen Nong 神农 dan Huangdi 黄帝, walau demikian dalam beberapa teks klasik, Huangdi 黄帝 tidak termasuk dalam tiga kaisar purba tapi lima raja purba, misalnya pada kitab Shangshu 尚书 ( kumpulan tulisan tentang sejarah Tiongkok tertua ).
[14] Tang Yijie 湯一介, Zhang Dainian 張岱年 dan kawan-kawan, Zhongguo Zhexueshi Taolungao中國哲學史 討論稿 (Paper discussion Sejarah Filsafat Tiongkok), jilid 1, hal. 7,1973, Beijing : Beijing University fakultas filsafat北京大學哲學系
[15] Yang dimaksud agama Ru 儒教 adalah yang dikenal sebagai agama Khonghucu atau Confuciusm.
[16] Lih. Suishu Liyi 隋书 礼仪 ( Buku Sui tentang Ritual )
[17] Tiandi天帝 artinya adalah kaisar langit atau juga disebut Haotian昊天.
[18] Tang Yijie 湯一介, Zhang Dainian 張岱年 dan kawan-kawan,Zhongguo Zhexueshi Taolungao中國哲學史 討論稿 (Paper discussion Sejarah Filsafat Tiongkok), jilid 1, hal. 5, 1973, Beijing : Beijing University fakultas filsafat北京大學哲學系
[19] Qi Liang 啟良,Zhongguo Wenming Shi中國文明史 (Sejarah Peradaban Tiongkok ), jilid 1 hal.190, 2000, Guangzhou: Hua Cheng publisher 花城出版社
[20] Huangtian Houtu 皇天后土 adalah kaisar langit dan permaisuri bumi dan saat kerajaan Zhou hendak menyerbu kerajaan Shang, Zhou Wuwang selaku raja kerajaan Zhou melakukan sembahyang mengadukan perilaku kejam Zhou Wang yang menjadi raja Shang.
[21] Xu Jialu许嘉璐, Mei Ji梅季, dkk, Wenbai duizhao Shisan jing 文白对照十三经 ( Tiga Belas Kitab dalam Bahasa Klasik dan Modern ), jilid 1, hal.50, 1998 : Guangxi : Guangxi Jiaoyu chubanshe 广西教育出版社
[22] He Huazhang 贺华章, Zhouyi Daquan 周易大全 ( Penjelasan Zhou Yi ), hal.90, 2007, Xi An 西安 : 陕西师范大学出版社Shaanxi National University publisher
[23] Dao ini sering diartikan jalan, tapi untuk ini diartikan adalah suatu awal yang selayaknya bersifat harmonis. Konsep ini agak berbeda dengan konsep DAO道 yang dijabarkan oleh Lao Zi 老子dalam Daode Jing ( 道德经 ), DAO ini dilukiskan sebagai sumber segalanya.
[24] Dao dejing bab 42 道德经第四十二章
[25] Kitab Perubahan Yijing易经
[26] Ye Shuxian叶舒宪, Zhongguo Shenhua Zhexue 中国神话哲学 ( Filsafat Mitologi Tiongkok ), hal.213, 1994, Beijing: Zhongguo Shehui Chubanshe 中国社会出版社
[27] Liu An 刘安( 179-122 BCE ) adalah pengarang kitab Huainan zi 淮南子, merupakan filsuf aliran Taoism
[28] Opt.cit
[29] Jalan disini diartikan awal atau permulaan yang selayaknya bersifat harmonis.
[30] Legitimasi tindakannya dalam meruntuhkan dinasti Shang.
[31] Gong 公 adalah gelar setara dengan duke pada masa dinasti Zhou, tapi Zhou Gong yang dimaksud adalah anak ke empat Zhou Wenwang yang bernama Ji Dan 姬旦 atau sering dipanggil dengan nama Zhou Gong Dan 周公但.
[32] Shanggong adalah ahli ilmu hitung yang berdiskusi dengan Zhou Gong
[33] Gou gu dingli adalah nama rumus berhitung yang ditulis dalam buku Zhou bishuanjing周髀算經, buku tentang ilmu berhitung.
[34] Wu Shuping 吳樹平 Lai Zhangyang 賴長揚 editor, Baihua Sishu Wujing 白話四書五經, jilid.2, hal. 209, 1992, Beijing: Guoji wenhua chubanshe 國際文化出版社
[35] Ji Zi ( abad ke 11 BC ) , paman dari Zhou Wang 紂王 , raja terakhir dinasti Shang. Kemudian mengabdi pada Wenwang dari dinasti Zhou. Dalam kitab Shang Shu 尚書 tercatat diskusi antara Wen Wang dan Ji Zi tentang bagaimana mengatur negara.
[36] Tian Di adalah raja langit atau bisa diartikan Tuhan.
[37] Lima unsur dalam bahasa mandarin ditulis wuxing 五行 yang bisa berarti pergerakan lima unsur.
[38] Tahun kelahiran dan kematian tidak jelas, tapi ia menjabat sebagai Taishi太史 (pejabat kalender dan pencatatan sejarah kejadian ) pada masa pemerintahan Zhou You Wang 周幽王 (795-771 BC) dan Zhou Xuan Wang周宣王(827-781 BC ).
[39] Guo Yu adalah buku sejarah dinasti Zhou yang ditulis oleh Zhuo Qiuming 左丘明 ( 502-422 BC )
[40] Tang Yijie 湯一介, Zhang Dainian 張岱年 dan kawan-kawan, Paper discussion Sejarah Filsafat Tiongkok 中國哲學史 討論稿, jilid 1, hal. 11,1973, Beijing : Beijing University fakultas filsafat北京大學哲學系
[41] Loc cit.
[42] Pejabat pada kerajaan Sui 隨
[43] Tang Yijie 湯一介, Zhang Dainian 張岱年 dan kawan-kawan, Paper discussion Sejarah Filsafat Tiongkok 中國哲學史 討論稿, jilid 1, hal. 15,1973, Beijing : Beijing University fakultas filsafat北京大學哲學系
[44] Tian ming 天命 adalah mandat dari Langit untuk raja memerintah rakyatnya, karena itu raja disebut pula tianzi 天子 ( putra langit ).
[45] Ge ming 革命 adalah pencabutan mandat, biasanya dilakukan melalui perang, kudeta, petisi.
[46] Min ben 民本 adalah rakyat sebagai dasar dari suatu negara dan selaku putra Langit, wajib memperhatikan rakyat, jika tidak maka mandatnya akan dicabut.
[47] Guan Zhong adalah pejabat negara pada adipati Qi Huan gong 齊桓公 ( ?-643 BC )
[48] Ye Shi Chang 葉世昌 , Gudai zhongguo jingji sixiang shi 中國古代經濟思想史 ( Sejarah perekonomian Tiongkok Kuno ), hal.82, Shanghai : Fudan university Publisher, 2003.
[49] Ibid, hal.82
[50] Liu Xiang ( 77-6 BC ) adalah seorang ahli bibliography yang terkemuka. Ia yang pertama mengkategorikan ada 10 jenis aliran berdasarkan buku-buku klasik yang didatanya.
[51] 校 dibaca xiao tapi untuk 校注 dibaca jiao
[52] Li Xiangfeng 黎翔鳳 Buku Komentar dan Keterangan Guan Zi 管子校注 jilid 1, hal.20, Beijing : China bookstore publisher, 2004.
[53] Li Xiangfeng 黎翔鳳 Buku Komentar dan Keterangan Guan Zi 管子校注 jilid 2, hal.767, Beijing : China bookstore publisher, 2004.
[54] Jing secara umum diartikan adalah intisari kehidupan atau pada umumnya sperma dan sel telur.
[55] Li Xiangfeng 黎翔鳳 Buku Komentar dan Keterangan Guan Zi 管子校注 jilid 2, hal.931, Beijing : China bookstore publisher, 2004.
[56] Tang Yijie 湯一介, Zhang Dainian 張岱年 dan kawan-kawan, Paper discussion Sejarah Filsafat Tiongkok 中國哲學史 討論稿, jilid 1, hal. 15,1973, Beijing : Beijing University fakultas filsafat北京大學哲學系
[57] Dalam kitab Li Ji yang menyangkut ritual dan etika pada dinasti Zhou, mereka yang meninggal jauh dari keluarga dan tidak mendapat penghormatan keluarga akan menjadi roh gentayangan yang tidak memiliki harkat di alam baka. Dengan ritual pengembalian harkat atau fu li, maka roh gentayangan akan mendapatkan harkatnya. Ini adalah cikal bakal upacara penyebrangan arwah dalam budaya Tionghoa
[58] Gun 鯀, ayah dari Yu yang mencoba mengatasi banjir tapi gagal.
[59] Lih. Tabel 2.
[60] Ruism adalah Confuciusm
[61] Li Shen 李申, Zhongguo Rujiao Shi 中國儒教史 ( Sejarah Ruism Tiongkok ) jilid 1, hal.205, Shanghai: Shanghai Peoples’s Publisher 上海人民出版社, 1999.