Budaya-Tionghoa.Net | Pendahuluan . Orang sering mengasosiasikan fengshui[1] sebagai cara menata rumah sehingga melahirkan rejeki, ketenangan dan kesehatan. Dalam melihat fengshui juga yang digunakan adalah papan kompas dan melihat aliran qi, dimana salah satu metode adalah menggunakan arah duduk dan arah hadap dengan penggunaan system penghitungan tahun, seperti misalnya yang digunakan dalam metode Feixing.
|
Salah satu dasar yang menjadi acuan fengshui adalah gunung dan air, dimana ini terkait dengan peradaban purba. Salah satu bencana alam yang sering menimpa masyarakat purba adalah banjir. Dengan adanya bencana banjir, akan mendorong masyarakat Tiongkok purba mencari cara mengatasi banjir itu. Salah satunya adalah dengan mencari lokasi yang aman dari banjir itu. Walau demikian, cara-cara mengatasi banjir itu dalam masyarakat Tiongkok purba dibalut dengan mitos, karena itu perlu dipahami terlebih dahulu bagaimana mitos Tiongkok dalam menghadapi bencana alam terutama banjir, sehingga lebih bisa memahami mengapa lahirnya fengshui sebagai bagian dari lima ilmu 五术.[2]
Dalam tulisan ini, penulis tidak akan terlalu membahas tentang ilmu-ilmu yang terkait dengan fengshui, tapi akan menekankan pada konsep air dan gunung yang akan melandasi pandangan fengshui hingga saat ini.Untuk itu penulis akan mencoba memaparkan pandangan purba tentang banjir dan pengaruhnya pada fengshui dan mitos bangsa Tionghoa untuk mengatasi banjir agar bisa memahami kenapa gunung dan air menjadi penting.
Sejak adanya manusia, tidak dapat terlepas dari bunda bumi. Sandang pangan manusia tidak dapat terlepas dari bunda bumi. Tidak perduli jaman purba , sekarang maupun akan datang manusia tidak dapat terlepas dari bumi/tanah yang dipijaknya.[3]
土者,氣之母,有土斯有氣[4] ( Tanah adalah bunda dari qi, adanya tanah maka ada qi )
Mitos Tiongkok dalam Menyikapi Kondisi Alam
Mitos memiliki beberapa pengertian yang salah satunya adalah “gambaran atau perumpamaan yang menjelaskan kehidupan insani dan dunia ( seperti mitos-mitos Plato)”[5] yang akan berpengaruh terhadap suatu masyarakat atau kebudayaan dalam melihat dan memandang alam serta kehidupan mereka. Dan mitos adalah suatu cara dari sekelompok atau seseorang menjabarkan sesuatu yang ada dihadapannya atau juga yang tidak terjangkau oleh indra-indra tubuhnya. Qi Liang 啟良 berpendapat “bahwa mitos adalah suatu cara manusia mengekspresikan sejarah purbanya, terutama dalam menjelaskan segala sesuatunya dan asalnya.[6]
Qi Liang 啟良 berpendapat “bahwa mitos adalah suatu cara manusia mengekspresikan sejarah purbanya, terutama dalam menjelaskan segala sesuatunya dan asalnya. Dalam mitologi Yunani, manusia mencari sejarahnya adalah dengan menggunakan mitos. Misalnya adalah Prometheus yang memberikan manusia banyak keahlian.[7] “ Qi Liang啟良berpendapat demikian, karena dalam mitos Yunani, Promotheus adalah pencuri api dan mengajarkan manusia menggunakan api, sedangkan dalam mitos Tiongkok adalah Sui Ren 遂人[8] yang menemukan api dengan menggosokkan kayu. Promotheus adalah dewa sedangkan Sui Ren遂人 adalah manusia biasa. Selain Sui Ren 遂人, adalah You Chao 有巢 yang mengajarkan manusia untuk membuat gubuk, Shen Nong 神農 mencobai tanaman dan rumput untuk mengetahui khasiat tanaman tersebut bagi tubuh, Fu Xi 伏羲 menemukan cara membuat jala dan sebagainya.
Bahkan dalam menghadapi banjir besar, terlihat perbedaan menyolok antara mitos dan legenda bangsa lain dengan bangsa Tiongkok. Misalnya kisah Gilgamesh dan Nuh dibandingkan kisah Nv Wa 女媧dan Da Yu大禹 ( Yu yang Agung ). Dalam kisah Gilgamesh dan Nuh diceritakan bahwa banjir adalah bencana dari mahluk adikodrati dan mereka tidak berbuat apapun kecuali membuat kapal kotak besar dan menunggu banjir surut.Dalam legenda Tiongkok, Nv Wa mencari cara mengatasi banjir dengan menambal langit yang bolong dengan menggunakan batu pancawarna yang dilebur. Da Yu 大禹membangun kanal, membuat kolam penampungan air untuk mencegah banjir tersebut.Dari dua legenda itu tentunya terlihat perbedaan dalam menyikapi bencana yang terjadi.
Dengan berangkat dari mitos yang berbeda, terutama masalah-masalah proses terjadinya peradaban, maka kita bisa melihat cara orang Tiongkok purba dalam memandang Mahluk Adikodrati itu yang akan mempengaruhi filsafat mereka. Saya beranggapan bahwa dengan mitos-mitos orang Tionghoa, terlihat bahwa terjadinya peradaban melalui proses evolusi yang bertahap dengan dimulainya adalah You Chao 有巢 kemudian Sui Ren 遂人 hingga Shen Nong 神农, Fu Xi 伏羲, Nv Wa 女娲 sampai dengan Xuanyuan Huangdi軒轅黃帝[9]. Dalam banyak gambaran mitos mereka, You Chao 有巢 dan lain-lain digambarkan sebagai manusia yang berpakaian daun atau kulit binatang sedangkan Huang Di 黄帝sudah berpakaian lengkap dengan menggunakan kain.
Gambaran proses peradaban itu terekam dalam mitos-mitos Tiongkok yang berbeda dengan mitos Yunani. Artinya mereka orang Tiongkok tidak menganggap bahwa alam semesta ini ada harus ada penciptanya, dan apa yang mereka jalani itu adalah proses alam dari suatu peradaban pra sejarah purba hingga sampai pada satu peradaban yang menemukan tulisan adalah proses dari manusia itu sendiri dan menyikapi banjir dan berbagai bencana alam lainnya sebagai suatu hal yang lumrah dan manusia harus mengupayakan caranya agar bisa bebas dari bencana alam dalam hal ini adalah banjir dengan kemauan keras dan cara-cara yang sesuai dengan alam.
Cara-cara mengatasi bencana banjir itu dengan posisi depan air belakang bukit atau gunung di peradaban Long Shan 龍山文化dan Yang Shao 仰紹文化 adalah hal yang umum pada masa itu. Pemilihan tempat dengan posisi itu menguntungkan dan memudahkan masyarakat purba untuk bertahan hidup serta mengembangkan kebudayaannya. Dengan adanya gunung atau bukit di belakang dan aliran sungai di depannya itu bisa membuat masyarakat purba memanfaatkan gunung atau bukit sebagai sarana untuk menghindari dari bencana banjir dan menjadi sumber akan bahan baku kayu untuk dipergunakan oleh masyarakat. Sungai, seperti yang kita ketahui bahwa peradaban purba banyak yang berada di tepian sungai, memudahkan transportasi, mendapatkan air untuk kehidupan dan irigasi pertanian. Kelihatannya orang-orang purba sudah bisa memilih-milih lingkungan yg nyaman untuk ditinggali. Pertama kali yang dicari oleh manusia purba adalah lokasi yang dekat dengan sungai, karena dekat dengan sungai dan mudah terkena banjir, maka mereka akan mencari bukit atau gunung sebagai upaya menyelamatkan diri dari banjir. Pengalaman manusia purba yang berabad-abad itu hingga mencapai satu taraf tertentu menimbulkan satu cabang ilmu. Tapi hingga mencapai satu cabang ilmu masih memerlukan pedoman dan bimbingan dari ilmu filsafat. Dan filsafat yang bebas pada masa Chun Qiu dan Zhan Guo turut membantu perkembangan lahirnya cabang ilmu fengshui ini.
FENGSHUI BAGIAN DARI LIMA ILMU
Dalam memahami fengshui, perlu diketahui bahwa fengshui hanya salah satu bagian dari xiangshu相術 ( ilmu bentuk )dan xiangshu hanya bagian dari lima ilmu dan kadang disebut daoshu 道術[10] ( ilmu Taoism ). Lima ilmu itu terdiri dari :
- Shan 山( gunung ) : quanfa 拳法 ( beladiri ), fuzhou 符咒 ( talisman ), zhuji 築基[11] ( meditasi ), shi er食餌 ( pola makan yang sehat, seperti diet carbohidrat bigu辟穀)[12], xuandian玄典 ( filsafat )
- Yi 醫 ( pengobatan ) : tusuk jarum, ramuan, daoyin 導引 ( senam pernafasan ), lingzhi 靈治( psikologi )
- Xiang 相 ( bentuk ) : yuzhang 玉掌 ( garis tangan ), jinmian 金面 ( raut muka ), yangzhai 陽宅 ( rumah tinggal ), mogu 摸骨( meraba tulang ), muxiang墓相( fengshui 風水, bentuk kuburan ) ,yinxiang 印相 ( bentuk stempel )
- Ming 命( perjalanan hidup )[13] : bazi 八字, ziweidoushu 紫微鬥數.
- Bu ( divination ): Meihua yishu梅花易數 , qimen dunjia 奇門遁甲 .
Pada umumnya praktisi fengshui melengkapi pengetahuan mereka dengan mempelajari bazi 八字, dan sering diperluas pengetahuannya dengan mempelajari yuzhang玉掌 dan jinmian金 面 dengan untuk menganalisa dan menjawab permasalahan klien mereka. Dan untuk level master, mereka melengkapi dengan mempelajari xuandian玄典, dalam hal ini yang dipelajari adalah kitab-kitab seperti Daode Jing 道德經, karya Zhuangzi dan Liezi hingga Taiping Jing 太平經 ( Kitab Kedamaian Agung ) dan kitab-kitab lainnya dalam Dao zang 道藏 ( canon Dao ). Karena fengshui dikembangkan oleh Taoisme dan menyebar hingga masyarakat luas, maka perlu diketahui bahwa sebenarnya penguasaan ilmu xiang, ming dan bu atau yang disebut ilmu peramalan secara umum itu sebenarnya bertujuan melatih intuisi dan juga membantu mereka yang mengalami permasalahan hidup yang dicoba dijawab melalui lima ilmu tersebut. Tapi tujuan akhirnya adalah “Dengan ke lima ilmu adalah untuk mempelajari dao manusia dengan begitu akan memahami DAO”. Jadi dalam Taoism, ilmu tersebut adalah sarana melatih diri bukan untuk memperkaya diri.
Gunung dan Air
Secara umum disebut shan shui 山水 dan sering diartikan sebagai pemandangan alam, tapi dalam konteksnya dalam fengshui, arti itu bukan sebagai pemandangan tapi posisi yang menguntungkan itu harus dicari. Shanshuilun 山水論 atau Dalil gunung dan air merupakan suatu cara mencari lokasi gunung dan air yang tepat[14], bahkan jika kita melihat apa yang disebut xue穴 adalah posisi gunung yang mengitari dan ada aliran air, disebut shanhuan shuibao山環水抱 ( gunung mengelilingi dan air yang memangku ). Secara etimologi, xue berasal dari komponen mian (atap, atau penutup atas )dan ren 人( manusia ), yang pada jaman dahulu berarti tempat tinggal manusia. Sehingga apa yang dicari posisi xue 穴 yang baik tidak akan luput pada posisi shan dan shui yang baik pula. Pencarian posisi xue ini digunakan oleh aliran luantou 巒頭, yang menekankan gunung dan air, aliran luan tou adalah bagian dari aliran bentuk atau xingshipai 形勢派, merupakan aliran dari fengshui yang menekankan analisa bentuk bukit, gunung, kontur tanah, bangunan, aliran sungai, danau dan landscape.
Dalam penerapannya ini bisa berupa gunung, bukit, sungai, danau, bangunan, jalan raya. Bangunan digambarkan sebagai gunung dan jalan raya digambarkan sebagai sungai. Gunung melambangkan kesehatan, keselamatan dan persahabatan, air melambangkan rejeki. Dan tidak selalu aliran air dan gunung itu membawa keberuntungan, sama seperti halnya manusia menghindari banjir, maka salah satu posisi sungai yang terutama adalah lebih rendah daripada tanah yang ada, sehingga pandangan itu juga mempengaruhi untuk melihat posisi fengshui. Secara umum, posisi rumah di bawah jalan adalah buruk, begitu pula posisi rumah yang lebih rendah dari sungai akan membawa bencana banjir. Apa yang disebut menangkap angin, adalah berbicara posisi gunung dan bukit yang mengelilingi tempat tinggal, secara umum yang disebut gunung di belakang rumah adalah tempat bersandar, dalam konsep 4 ling 四靈[15], yang di belakang disebut xuanwu 玄武 atau utara, depan adalah zhuque, kiri adalah qinglong, kanan adalah baihu. Ke empatnya adalah kontur tanah atau bangunan yang mengelilingi rumah. Metode ini disebut mencari sha 砂, salah satu dari lima metode fengshui. Adapun kelima metode itu adalah :
- Long 龍 ( naga ), merupakan rangkaian terrane, bentuk-bentuk geografis, baik berupa pegunungan maupun kontur tanah yang bergelombang, baik yang tampak di permukaan maupun yang ada di bawah permukaan. Long ini adalah tempat qi mengalir
- Sha 砂 ( pasir ), contour tanah yang mengelilingi.
- Xue 穴 ( titik berkumpulnya qi ), dimana xue adalah tempat berkumpulnya qi yang mengikuti long.
- Shui 水 ( air ), adalah jalan, sungai, dimana digambarkan sebagai nadi peredaran darah dari long.
- Xiang 向 ( arah ),arah hadap.
Ke lima hal diatas disebut sebagai 5 rumus Dili[16] 地理五訣 dan ini merupakan dasar bagi praktisi fengshui terutama aliran bentuk untuk dipelajari. Hal yang menarik adalah dalam Dili Wujue bisa dihubungkan dengan 五常 ( lima norma ), karena hidup manusia memiliki lima norma : Ren yi li zhi xin仁義禮智信 ( kemanusiaan, keadilan, etika, bijak berpengetahuan, memegang ucapan dan dili memiliki lima norma : long sha xue shui xiang 龍砂穴水向[17] seperti yang diuraikan di atas. Hubungan antara norma-norma manusia dan bumi itu karena adanya konsep keterikatan antara manusia dengan bumi.
Dalam praktek pencarian xue 穴 juga membicarakan asas gunung dan air. Sering disebut bahwa rangkaian pegunungan adalah nadi[18] naga 龍脈. Dan air adalah nadi darah untuk naga. Dalam 10 Tulisan untuk Rumah 陽宅十書 bahwa “Tempat tinggal manusia selayaknya di tanah dengan sungai dan gunung sebagai yang terutama”人之居处宜以大地山河为主.Di fengshui sendiri, long dan sha sering diasosiasikan dengan bukit, gunung, di jaman sekarang ini adalah bentuk bangunan yang mengelilingi rumah itu.
Jika balik lagi pada konsep purba, maka gunung merupakan sarana untuk menghindari banjir dan sungai merupakan sarana transportasi dan juga sumber air minum juga irigasi. Seperti juga masyarakat purba yang mencari lokasi dekat sungai, maka aliran bentuk juga akan melihat air dahulu baru melihat gunung. Tapi dalam perjalanan fengshui, metode dasar itu ditambah dengan konsep yin yang 陰陽, lima unsur 五行, serta bagua 八卦.Hong Baijian megemukakan bahwa dalam fengshui itu yang harus dikuasai adalah teori yinyang dan lima unsur, tapi setelah itu harus bisa menganalisa lokasi dengan konsep shan dan shui, yang pertama dilihat adalah jalan atau air, baru melihat lokasi sekitarnya. Dalam zangshu 葬書 juga dituliskan bahwa : “Metode Fengshui, mendapatkan air adalah yang terunggul, menyimpan angin urutan kedua “ 風水之法, 得水為上, 藏風次之. Metode melihat itu adalah mencari posisi mingtang 明堂 yang tepat, dan mingtang sendiri dibagi menjadi dua bagian, yaitu mingtang luar wai mingtang 外明堂, dalam 內明堂, yang kemudian dibagi menjadi kecil 小明堂, besar 大明堂 dan tengah 中明堂. Mingtang ini dapat digambarkan sebagai lingkungan sekitar tempat longxue atau lokasi nadi naga, yang merupakan tempat qi berkumpul, yang diutamakan adalah kebersihan, lapang, bisa menangkap angin dan memusatkan qi.
Atau juga sering digunakan istilah藏風得水 menyimpan angin mendapatkan air, merupakan istilah dalam fengshui, dimana menurut penulis ini juga berkaitan dengan kondisi yang ideal, gunung yang menghadang angin membawa awan pergi, sehingga awan bisa berkumpul dan memberi hujan bagi masyarakat sekitar, sesuai dengan harapan 風調雨順 ( angin bertiup selaras hujan turun pada waktunya ).
Kesimpulan
Metode fengshui yang mengutamakan bentuk gunung dan aliran air merupakan suatu konsep masyarakat purba untuk mendapatkan lokasi yang baik, dan konsep itu melekat hingga hari ini, dengan melihat bentuk bangunan dan juga jalan raya sebagai sarana transportasi. Sungguh amat disayangkan jika metode melihat gunung dan air itu direduksi dengan cara hanya melihat tahun kelahiran dan dikaitkan dengan arah hadap dan membagi rumah berdasarkan papan luoshu tanpa melihat lingkungan sekitarnya.
Ardian Cangianto
Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua | Facebook Group Budaya Tionghoa | Facebook Group Tionghoa Bersatu
DAFTAR PUSTAKA
Bagus, Loren Kamus Filsafat, September 2005, Jakarta : PT.Gramedia Pustaka Utama
Guo Pu 郭璞, Zang Shu 葬書 ( Buku Penguburan )
Huangdi Zhaijing 黃帝宅經
Li Fei 李非 ed. , Dili Wujue 地理五訣Lima Rumus Dili , November 1994, Zhengzhou 鄭州 : Zhongzhou publisher 中州古籍出版社.
Qi Liang 啟良, Zhongguo Wenmingshi中國文明史 ( Sejarah Peradaban Tiongkok ), 2000, Guangzhou: Hua Cheng publisher 花城出版社
CATATAN KAKI
[1] Sebagian beranggapan bahwa fengshui adalah membicarakan kuburan, hal ini disebabkan karena istilah fengshui pertama kali digunakan oleh Guo Pu dalam bukunya “Kitab Penguburan” 葬書.
[2] Lima ilmu 五术 adalah ilmu-ilmu Tiongkok yang bertujuan mengatasi masalah manusia. Salah satunya adalah xiang 相 atau ilmu bentuk, dan fengshui adalah bagian dari xiang ini. Karena itu fengshui sering disebut xiang zhai 相宅 ( ilmu bentuk rumah).
[3] Pandangan itu terkait dengan “bentuk” 形 menghasilkan qi 氣. Dan manusia memerlukan qi bumi 地氣 yang terkait dengan makanan dan makanan itu adalah hasil dari di qi 地氣. Selain itu dalam fengshui, tempat manusia lahir dan tumbuh berkembang itu memiliki kaitan qi bumi. Hasil diskusi dengan Hong Baijian daozhang 洪百堅道長 beberapa tahun yang lalu di Singapore.
[4] Guo Pu 郭璞, Zang Shu 葬書 ( Buku Penguburan )
[5] Lorens Bagus, Kamus Filsafat, hal.658, September 2005, Jakarta : PT.Gramedia Pustaka Utama
[6] Qi Liang 啟良, Zhongguo Wenmingshi中國文明史 ( Sejarah Peradaban Tiongkok ), jilid 1 hal.36, 2000, Guangzhou: Hua Cheng publisher 花城出版社
[7] Qi Liang 啟良,Zhongguo Wenmingshi中國文明史 ( Sejarah Peradaban Tiongkok ), jilid 1 hal.36,cetakan ke 4, 2000, Guangzhou: Hua Cheng publisher 花城出版社
[8] Mengenai Sui Ren,Nv Wa dan para tokoh-tokoh purba ini sudah menjadi pengetahuan umum bagi banyak orang Tiongkok, terutama yang pernah belajar yang menyangkut masa prasejarah.
[9] Kaisar Kuning adalah bapak bangsa Tionghoa yang disebut peletak peradaban Tiongkok dengan penemuan tulisan yang dibuat oleh Cang Jie 倉頡, salah satu mentrinya.
[10] Biasanya daoshi ( pendeta Tao yang memiliki garis silsilah ) diwajibkan mempelajari dasar lima ilmu dan nantinya akan memfokuskan pelajarannya pada salah satu atau lebih bidang ilmu. Seorang Daoist master umumnya menguasai kesemuanya.
[11] Pengertian meditasi Taoism agak berbeda dengan meditasi Buddhism, dimana meditasi Taoism terkait dengan qi 氣 yang bertujuan menjaga yuanqi 元氣 ( qi asali ) atau qi炁 ( karakter qi asali dalam Taoism ditulis seperti itu, kadang juga dikaitkan dengan Qi alam semesta yang asali, tidak tercemar ) tidak terkuras dengan cepat. Tujuannya adalah kesehatan dan akhirnya adalah pencerahan 得道.
[12] Shi er 食餌 adalah pola makan yang sehat dengan tujuan menghindari penyakit.
[13] Ming saya artikan adalah perjalanan hidup, tidak diartikan sebagai takdir, karena dalam ilmu ming, yang dihitung adalah keselarasan perjalanan hidup seseorang dari balita hingga akhir hayatnya dengan lima unsur.
[14] Harap jangan dikacaukan dengan dalil gunung air dalam chinese painting.
[15] 4 binatang suci, empat arah, empat forsa alam. Sering pula dihubungkan dengan 4 rasi bintang.
[16] Dili adalah sebutan lain untuk fengshui.
[17] Li Fei 李非 ed. , Dili Wujue 地理五訣Lima Rumus Dili , hal.3, November 1994, Zhengzhou 鄭州 : Zhongzhou publisher 中州古籍出版社.
[18] Nadi atau 脈 dalam pengertian ini adalah untuk qi.