道可道,非常道。名可名,非常名。無名天地之始;有名萬物之母。故常無欲,以觀其妙;常有欲,以觀其徼。此兩者,同出而異名,同謂之玄。玄之又玄,衆妙之門。
Dào kě dào, fēicháng dào. Míng kě míng, fēicháng míng. Wúmíng tiāndì zhī shǐ; yǒumíng wànwù zhī mǔ. Gùcháng wúyù, yǐ guān qí miào; cháng yǒu yù, yǐ guān qí jiǎo. Cǐ liǎng zhě, tóng chū ér yìmíng, tóng wèi zhī xuán. Xuánzhīyòuxuán, zhòng miào zhī mén.
DT Suzuki menggambarkan dengan baik perbedaan filsuf barat dengan timur dengan perandaian sama-sama melihat bunga. Filsuf timur mencium bunga dan menikmati dari kejauhan sedangkan orang barat akan membongkar kenapa harum dan mencabut bunga tersebut dari akarnya maka, demikianlah filosofi yang terkandung dalam Daode Jing.
Mengenai Daode Jing, sejarahnya bermula dari permasalahan yang terjadi di masa akhir dinasti Zhou yang mana sudah melemah sehingga melahirkan perubahan-perubahan ide. Selain itu, tumbuhnya kekuatan dari kerajaan Chu yang mana di masa itu hanya Chu dan Zhou yang berani menyatakan diri sebagai wang 王. Kekuatan Chu bahkan sampai pada tahap banyak adipati Zhou ditumbangkan oleh orang Chu. Maka, di kerajaan Chu lah dikatakan ada orang dipanggil Laozi yang dinyatakan sebagai penulis kitab Daode ini.
Merujuk pada Sima Qian, laozi bernama Li Er 李耳dan lebih tua 30 tahun dari Kongzi孔子. Namun kita sering lupa kebenaran apakah Laozi benar-benar eksis. Katanya, kitab ini dibuat di Negara Chu yang mana negara tersebut di masa itu sangat keras. Begitu keras bahkan setiap perebutan kekuasaan terjadi selalu dengan berdarah-darah. Kakak bisa bunuh adik, anak bisa bunuh ayah dan sebagainya. Laozi selain penjaga perpustakaan disebut juga sebagai pencatat kasus/kejadian di kerajaan maka, isi Daode Jing bisa berbeda dengan kelakuan orang Chu karena artinya kitab ini adalah semacam protes terhadap kejadian-kejadian di negara tersebut.
Kemudian juga soal Guan Yin 關尹 yang katanya mengikuti Laozi ke barat, ini sebenarnya adalah suatu jabatan untuk kepala gerbang lagipula Hangu Guan 函谷關 itu bukan di wilayah Chu tapi di wilayah Qin. Lebih parah lagi, bila dikomparasikan dengan yg ditulis oleh Du Guanting 杜光庭 yang mana menyebut Laozi lahir sekitar tahun 1000an sebelum masehi, jadi kapan ketemu Kongzi bila demikian? Karenanya fakta mitosnya Laozi menjadi misteri bahkan sampai detik ini. Tapi penemuan kitab Taiyi Sheng Shui 太一生水dan lainnya membuat para peneliti mulai bisa meraba-raba akan Laozi dan Daode Jing tersebut.
Pada awalnya, Daode Jing tidak bernama Daode Jing. Jadi namanya Laozi Wuqian Yan 老子五千言. Di masa dinasti Han namanya baru diubah menjadi Daode Jing 道德经. Pemikir yang memberikan komentar terhadap kitab ini juga banyak, yang paling terkenal di zaman itu namanya adalah Wang Bi王弼. Tapi sayangnya, dikatakan bahwa Wang Bi ini pakai drugs dalam keseharian seperti halnya kebanyakan para pemikir sampai tahun 900an. Soal ini, pernah diteliti dari jenazah beberapa pemikir seperti mereka, diketemukan sakitnya adalah syntom para junkies. Tapi baiklah tidak membicarakan itu karena mereka itu punya kontribusi terhadap pengetahuan orang-orang di dunia ini.
Secara keseluruhan, Daode Jing dapat disimpulkan “dalam keheningan mendapatkan kebijaksanaan”. Kalau kita bedah dulu per kata dan kemudian per bushou, 辶atau 辵 ini berarti berjalan/menapaki selangkah demi selangkah sedangkan 首 berarti kepala. Jadi dulunya ini adalah dao sebagai kata kerja, bukan kata benda. Akhirnya dia bisa berubah jadi kata kerja maupun kata benda tergantung konteksnya.
Dao 道 di masa pra Laozi bermakna “jalan menuju …”. Mudahnya , 一阴一阳为道 1 yin dan 1 yang adalah metode, dao di sini bukan sebagai kata benda dao adalah prima causa. Jadi dulu dikenal ada tian dao 天道, di dao 地道 dan ren dao 人道 kita lupa mengartikannya sebagai filsafat padahal salah satu pengertian filsafat itu juga metode.
Lalu de 德 kata ini dibentuk dari chi 彳, zhi 直, dan xin 心. Orang sering mengartikan sebagai moralitas, virtue dan lain sebagainya. Tapi, de ini sebenarnya bicara tentang power/kekuatan. Jadi bila kita bicara dengan bahasa adalah kebajikan yang berkekuatan karena berkesinambungan atau tak terputus. Dalam kata lain, de tidak bicara karma dari langit tapi bicara bagaimana bergerak sampai ujung alam semesta. Contoh ilustrasinya adalah kita kasih orang miskin makan, dari tadinya rencana merampok jadi batal melakukan. Efeknya bisa positif dan negatif tapi mungkin lebih ke arah positif.
Kebajikan menurut Laozi bergerak ke depan dan belakang. Contoh saya beli nasi, pedagang nasi beli ke pengecer, pengecer beli ke distributor dan terus ke belakangnya sana, dengan kata lain, ke segala arah. Demikian juga bila kita melakukan kejahatan, maka itu menjadi serangkaian yang bergerak ke segala arah, tiada henti. Jadi de adalah kebijaksanaan yang berkekuatan. Ada penerjemah mengatakan the power dan the virtue
Jadi daode 道德 adalah kebajikan yang berkekuatan atau dengan kata lain dao adalah sumber asal dari alam semesta maka de adalah yang melekat pada semua yang ada di alam semesta. Maka semua ada pada jejaring yang disebut de dan jejaring tersebut memiliki power. Dao juga bisa diartikan tiada bentuk, de sebagai bentuk dan itu adalah suatu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.
Kemudian kata jing 经/經 awalnya adalah 徑 yang berarti ‘jalan setapak’ bukan sutra (sebagaimana dikira orang-orang) melainkan kitab yang mengandung ajaran luhur untuk manusia dalam menapaki kehidupan baik di bumi ini maupun di semesta lain. Jadi secara etimologi, ketiga kata Daode Jing berarti jalan dengan bentuk kata lain adalah suatu petunjuk jalan untuk mencapai realitas tertinggi dengan pedoman, penghayatan dan pelaksanaan de.
Tahun 1788 adalah pertama kali kitab Daode Jing dan kitab dunia timur lainnya diterjemahkan ke bahasa latin yang kemudian diterjemahkan ke bahasa lain seperti Prancis. Penerjemahan ini membawa rasa ke dunia pemikir di barat. Contoh tulisan Imanuel Kant yang terasa sekali nuansa dari kitab ketimuran. Dari sini, daode jing kemudian dibagi menjadi 2 cara belajar yakni mengenai gaya misterius (dao) dan hubungan manusia dengan alam serta manusia lain. Tidak ada yang lebih hebat dari kedua cara belajar tersebut. Daode Jing dipandang sebagai studi hubungan manusia dengan manusia lain juga menyediakan pandangan pemerintahan yang dalam pandangan orang sekarang disebut sebagai pandangan ekonomi liberal dan otonomi daerah. Pandangan dao seorang budiman/suciwan akan membangun sebuah pemerintahan yang baik sehingga memimpin pun tidak terasa oleh rakyatnya namun sistem tetap berjalan.
Dalam menafsir kita perlu tahu sejarah, budaya dan kalau perlu kondisi psikis masyarakat di zaman tersebut agar dapat menafsir dengan baik. Bila tidak demikian, akan merusak orang-orang yang membaca terjemahan/tafsirannya.
Daode Jing yang umum kita baca sekarang ini juga ternyata tidak sesuai dengan aslinya. Karena isinya beda dengan Daode Jing yang ditemukan di kuburan Mawang Dui bahkan ada versi lain yang juga punya perbedaan dengan keduanya itu. Perbedaan antara versi sekarang dengan versi Mawang Dui contohnya seperti di baris pertama bab ini contohnya, dituliskan 道可道,非常道 tapi di kitab (yang ditemukan di) Mawang Dui (selanjutnya akan disebut kitab Mawang Dui) disebut 道可道,非恒道. Apakah beda 常dengan 恒 kalau sama-sama diartikan abadi? Apa perbedaan abadi antara 常 dengan 恒?
Heng 恒 adalah abadi yang tidak berubah dari kondisi asalinya sedangkan chang常 abadinya setelah melalui proses perubahan. Dengan kata lain, heng 恒 itu konstan dari titik awal sedangkan chang 常 abadi dengan adanya pengaruh dari luar. Contoh: heng 恒 seperti bayi dari lahir sampai kiamat wujudnya tetap bayi. Sedangkan chang常, bayi itu berubah jadi tua bangka dan sebagainya tapi tidak mati. Perbedaan lainnya adalah soal tanda baca dan sebagainya.
Jadi, 道可道,非恒道 adalah sifat alami alam semesta yang tidak berubah dari awal mulanya. Jadi bila satu bab ini disatukan, dengan kemampuan teknologi pun tidak bisa memahami dao. tapi manusia selalu ingin tahu akan primer source maka ada agama, mitos, iptek. Tapi kita memahami primer source dengan sudut kita sebagai manusia dalam memandang. Kita lupa bahwa dao sebagai primer source, bagaimana kita memandang dan menelaah? Bila kita memandang dan menelaah dari hasil pemikiran, pengetahuan, hasil meditasi kita, maka kita ga akan bertemu dengan dao yang sesungguhnya. Karena kita terjebak dalam konteks antara mistisme dengan sains. Iptek telah melangkahi agama dan mitos serta banyak budaya sadarkah para ilmuwan mendapatkan itu semua dari ‘patahnya pikiran’ (konsep Zhuangzi) alias pencerahan seketika, contoh James Watt, Archimedes, Flaming, dan lain-lain. Bila kita mencari primer source dan mencari label, berarti pikiran kita belum patah dan masih terjebak dalam konsep bentuk dan pikiran. Apa yang paling cepat di alam semesta? Bukan cahaya atau pesawat melainkan pikiran dan niatan. Makanya Stephen Hawking menggunakan pikiran menjelajahi alam semesta. Makanya xian 仙 dan shen 神 zaman sekarang itu seperti Stephen Hawking.
Nah bila ingin memahami universe sebelum terbentuk, kita tidak bisa menggunakan hukum universe sekarang. Karena hukum universe yang kita kenal itu tidak 恒, ia berubah terus menerus. Jadi lihat keluar sampai ujung semesta padahal dao itu ada 2. Kita lihat 恒道 itu ada dao maha besar dan dao juga maha kecil. Badan kita saja belum tahu isinya bagaimana, sudah mau cari ujung semesta. Dalam kata lain, bumi saja belum selesai dieksplore tapi sudah cari planet ke sepuluh dan lain-lain.
Yang kedua, 名可名,非恒名。Adalah arogansi kita sebagai manusia, kita kasih nama ke semua benda. Padahal benda itu tidak pernah ngomong namanya siapa. Tapi karena kita kasih nama, kita baru tahu ada selaksa makhluk, ada kuda, ada kerbau, ada batu dan lain-lain; dengan kata lain itu adalah adanya bahasa. Bayangkan dengan tidak ada bahasa, bisakah benda-benda itu didiskusikan? Tidak bisa, dengan demikian juga tidak bisa dibicarakan.
Di kalimat selanjutnya無 名天地之始;有 名萬物之母。Adanya ketiadaan dan keadaan begitu penting dan tidak bisa dipisahkan. Janganlah sok-sok tidak mau melekat karena tidak mau melekat itu sendiri adalah melekat. Jangan sok tidak perlu bahasa, simbol juga. Niat itu bisa dianggap ketiadaan, tindakan yang dianggap ada. Contoh: bila kamu tertarik dengan seorang perempuan, kamu hanya niat saja, apakah si perempuan itu akan tahu kamu tertarik padanya? Kamu tentunya harus melakukan sesuatu agar ia paham akan ketertarikanmu, dengan memberinya kode berbentuk perhatian dan lain-lain.
Lalu selanjutnya, 故常無欲,以觀其妙;常有欲,以觀其徼。此兩者,同出而異名,同謂之玄。玄之又玄,衆妙之門 bisa diartikan kalau sudah mengalami patahnya pikiran, baru bisa melihat rahasia-rahasia dunia ini sedangkan dengan iptek dapat melihat kedalamannya. Keduanya walau berbeda nama, adalah yang dikatakan tergelap dari yang tergelap atau termisterius dari yang termisterius dan merupakan gerbang. Jadi dari sini, kita harus injak bumi dan tidak sekedar liamkeng, meditasi ke gunung. Kita harus menguasai iptek juga. Dari kedua cara itulah kita bisa memahami dao ataupun memahami semesta ini.
-LZ, AC, ZXY, AN, dan segenap peserta lain-
Notulen: LZ