Budaya-Tionghoa.Net | Buku klasik karya Arthur Gray ini menjelaskan tentang sejarah teh , dari Tiongkok , kemudian berkembang di Jepang , dan akhirnya VOC memperkenalkan teh kepada bangsa Barat lainnya. Teh kemudian menjadi minuman teh yang mendunia bahkan di jaman Arthur Gray.
|
Meskipun legenda mengatakan bahwa penemuan teh berasal dari kawasan India Timur , tidak ada bukti spesifik mengenai hal itu. India tidak memiliki catatan sejarah , fakta , yang dapat mempertegas klaim. Bangsa Tiongkok dianggap sebagai penemu pertama teh di dunia. Peradaban awal Tiongkok dipandang lebih maju daripada masyarakat sekitar.
Seorang Buddhist , Dengyo Daishai mendapatkan kredit sebagai orang yang memperkenalkan teh dari Tiongkok kepada bangsa Jepang di abad ke 4 Masehi.
Kata Teh berasal dari bahasa Tiongkok , derivasi dari Amoy dan Swatow , “Tay” dengan karakter yang sama , yang mengekspresikan nama kuno teh , yaitu “Tsu”, dan yang lebih modern “Cha”dan teh Jepang “Chiya”.
Judul :
The Little Tea Book
Penulis :
Arthur Gray
Tahun : 1903
Penerbit :
The Crow Press N.H
Hak Cipta :
The Baker and Taylor Company
Bahasa : Inggris
Teh tidak dikenal di Tiongkok sebelum Dinasti Tang, walau penggunaan kombinasi berbagai daun sudah ada sejak Dinasti Zhou (1122-255 SM) terutama di era Confucius .
Di Jepang , teh yang sudah dikenal lebih dari seribu tahun sebelumnya, baru menjadi minuman nasional di akhir abad 14 M. Pada paruh pertama abad ke 8 M , ada catatan mengenai suatu festival keagamaan , dimana para rahib Buddha disuguhkan teh , dengan bahan yang berasal dari Korea , sebuah wilayah dimana telah berperan sebagai jembatan budaya antara Tiongkok ke Jepang. Selama abad ke 9 , 823 M , dan empat abad setelahnya , teh kembali tidak umum untuk digunakan , dan hampir dilupakan. Tetapi para bangsawan dan rohaniwan Buddhist terus menggunakan teh sebagai minuman mewah.
Selama masa 1199-1210 M , budidaya teh berkembang di Jepang. Tahun 1200 , Yei Sei membawa biji teh dari Tiongkok , dan ditanam di pegunungan yang terletak di utara Jepang. Yei Sei juga memperkenalkan tradisi upacara minum teh. Dia menyajikan teh untuk Meiki , kepala biara To-gano dan menyuruhnya untuk membudidayakan teh. Meiki kemudian meletakkan teh dalam perkebunan Uzi , dan kuilnya kemudian menjadi pertemuan teh tahunan. Setelah periode tersebut , penggunaan teh menjadi lebih kearah fashion, gaya hidup.
***
Ratu teh di Jepang adalah minuman berwarna jerami halus, lembut dan halus dalam rasa, dan menyegarkan Ini adalah teh Jepang yang sesungguhnya. Bangsa Amerika kemudian menjadi pelanggan terbesar untuk teh Jepang di dunia.
Tetapi minuman yang di kenal di masyarakat luas di Jepang adalah teh hijau, walaupun teh bubuk juga digunakan, tetapi diperuntukkan bagi fungsi-fungsi khusus dalam acara-acara seremonial. Teh, di sana, tidak dibuat dengan menanamkan daun dengan air mendidih, seperti halnya bangsa Barat , Tetapi air mendidih pertama kali didinginkan hati-hati dalam bejana lain dengan suhu 176 derajat Fahrenheit. Daun juga diperbaharui untuk setiap tambahan air . Penyusunan teh yang baik dianggap oleh Jepang sebagai high-art , dan merupakan unsur penting dalam kehidupan rumah tangga, diplomatik, politik, dan kenegaraan.
Teh adalah minuman – mahakarya – dari setiap makanan, bahkan jika hanya ada nasi. Setiap tukang dan buruh, akan bekerja, membawa teh bersama nasi-kotak kayu pernis, ketel, teh-caddy, teh-pot, cangkir, dan sumpit. Susu dan gula umumnya dihindari. Orang Jepang dan Tiongkok tidak pernah menikmati salah satu dari bahan ini teh; yang penggunaannya, mereka klaim, merusak aroma.
Dari lingkaran pemerintahan tertinggi sampai level terendah adalah kebiasaan di Jepang dan Tiongkok, untuk menawarkan teh untuk setiap tamu yang sedang berkunjung. Tidak melakukan tradisi ini akan menjadi pelanggaran tidak termaafkan dalam tata krama bangsa secara umumnya. Bahkan di toko-toko, pelanggan dihibur dengan secangkir teh sebelum barang ditawarkan kepadanya. Hal ini tampaknya merupakan tradisi yang sangat kuno di Tiongkok dan Jepang.
Etiket klasik Jepang tidak pernah menganjurkan pelayan rumah untuk membuat teh ini . Hal ini dilakukan oleh tuan rumah sendiri, kebiasaan mungkin tumbuh dari kesopanan bawaan dan milik orang-orang yang percaya bahwa seorang tamu terhormat berhak atas hiburan terbaik.
Begitu tamu duduk di atas tikar, nampan kecil diatur oleh tuan rumah. Sebuah baki ini berisi teh pot-kecil dengan pegangan pada sudut kanan cerat. Bagian lain dari tradisi ini termasuk ketel teh yang sangat artistik- diisi dengan air panas, dan sejumlah cangkir kecil, ditempatkan dalam nampan logam atau bambu. Baki ini digunakan untuk menyerahkan cangkir , tapi tamu tidak diharapkan untuk mengambil salah satu. Cangkir yang tanpa gagang, dan tidak mudah untuk dipegang, sehingga tamu harus berhati-hati dalam menyelipkan jarinya untuk memegang cangkir.
Pot teh dituang air teh panas sebelum daun teh diletakkan, kemudian lebih banyak air panas dituangkan di atas daun. Hal ini dilakukan secara berulang beberapa kali, tetapi air panas tidak pernah diperbolehkan untuk berdiri di lahan lebih dari satu menit.
Orang Jepang semua mematuhi kebiasaan rumah tangga dalam menjaga kondisi teh yang diperlukan agar selalu siap disajikan . Di living room setiap rumah ada kompor dengan bara hidup, sebuah ketel untuk mendidihkan air, nampan dengan tea-pot, gelas, dan tea-caddy.
Di Tiongkok , mereka selalu menyimpan ketel dengan air mendidih di atas bara panas, siap untuk membuat dan menyajikan minuman dalam waktu singkat. Tamu tidak diperbolehkan untuk meninggalkan rumah mereka tanpa diberikan secangkir teh , dan mereka sendiri senang untuk berbagi dalam keramahan.
Orang Tiongkok menggunakan air mendidih, dan dituangkan atas cangkir teh kering di masing-masing. Di antara lingkungan strata sosial yang lebih baik digunakan cangkir berbentuk seperti mangkuk kecil, dengan piring yang diameternya sekitar ukuran mangkuk. Piring ini juga memiliki fungsi lain, dan sering digunakan untuk menutupi ketika membuat teh. Setelah air mendidih dituangkan pada teh, ditutupi selama beberapa menit, sampai daun telah memisahkan dan jatuh ke dasar cangkir. Proses ini membuat teh menjadi bersih , menyenangkan dan harum.
Berbagai cangkir lainnya juga digunakan, yang paling menonjol yang tanpa gagang, satu atau dua ukuran lebih besar dari Jepang. Mereka terbuat dari bahan terbaik, diatur dalam nampan perak indah tempa, hiasan dalam perawatan dan desain.
Sebuah perlengkapan teh lengkap merupakan bagian dari perlengkapan bako-ju – “kotak piknik“ – yang disediakan setiap orang Jepang ketika dalam perjalanan, merencanakan perjalanan, atau menghadiri piknik. Orang Jepang sangat banyak berurusan dengan urusan diluar rumah , Hanami – “. Melihat bunga-bunga”. Melihat pemandangan indah dan puitis. Yang paling penting dari pesta teh adalah khusus untuk pria. Kebiasaan pertemuan ini adalah karakteristik dari bangsa Jepang , dimana beberapa pengamat asing memiliki kesempatan untuk menghadiri acara mereka. Ini adalah pesta teh yang bersifat semi-literal atau penuh estetika.
Untuk kesempatan ini tuan rumah memilih Rumah Teh dengan latar belakang pemandangan indah. Dalam hal ini tuan rumah meletakkan tikar sejumlah tamu. Dengan menggeser partisi, ruang menjadi terbuka terhadap panorama alam . Ruangan diisi dengan bunga pilihan, dan koleksi benda seni yang dimiliki tuan rumah, melipat layar dan menggantung gambar dilukis oleh seniman terkenal, perkakas lacquer yang mahal ,dan benda pusaka lain didtampilkan sepanjangruangan.
Cerita-cerita di pesta-pesta teh disebut dengan nama Jepang Cha-banashi, artinya Cerita Teh , atau Hiti-Kucha – “One Mouth Stories,” sebuah cerita pendek yang diceritakan dalam posisi duduk, dimana tukang cerita profesional dikaryakan. Para profesional ini dibagi menjadi beberapa kelas. Yang paling penting menjadi Hanashi-Ka, anggota sebuah grup yang dikelola manajer terkenal, yang menyatukan mereka ke dalam team. Jumlahnya tidak pernah kurang dari lima atau lebih dari tujuh personil. Grup seperti sering diiklankan seminggu sebelum kedatangan mereka di tempat dengan mengangkat bendera atau pita dengan nama-nama pemain di atasnya. Program mereka terdiri dari cerita perang , tradisi, dan resital dengan iringan musik. Selama istirahat, permainan sulap atau gulat mengisi waktu. Jenis lainnya adalah Tsuji-ko-Shaku-ji yang bersifat freelance.
Di Tiongkok ada berbagai jenis teh . Tetapi orang-orang miskin di sana tidak mengkonsumsi teh yang sama bagusnya dengan teh di level yang sama di negara Barat. Terutama ini terjadi di bagian utara Tiongkok. Di sana mereka diwajibkan untuk menggunakan sisa-sisa terakhir dari teh, umumnya dikenal sebagai “teh bata,” yang sangat rendah dan kasar dalam kualitas. Bahan lainnya, terdiri dari jas, susu, mentega, sedikit merica, dan cuka dan kombinasi ini merupakan makanan bagi seluruh keluarga.
Teh di Tiongkok dan Jepang hadir dalam setiap sajian makanan dan selalu siap disajikan. Selain demi kesopanan kepada tamu ,hal lainnya adalah untuk suatu tujuan mulia dalam kehidupan rumah ; menyatukan keluarga dan teman-teman, dalam kehidupan rumah tangga mereka dan kesenangan setiap saat dan musim. Teh adalah media penghubung sosial, stimulan hasrat intelektual dan minuman universal .
Teh dibawa masuk ke Eropa melalui VOC di tahun 1610. Dibutuhkan waktu empat puluh tahun , atau setengah abad bagi masyarakat Inggris untuk tertarik dengan minuman baru dengan cita rasa yang khas. Lord Arlington dan Ossory , di tahun 1666 membuat debut teh kepada masyarakat ketika istri para bangsawan itu menyajikan teh.
DADA
Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua